Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal “Istana Maimun” untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA)
Abstract
Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) merupakan salah satu upaya internasionalisasi bahasa Indonesia sekaligus diplomasi budaya. Namun, bahan ajar BIPA yang tersedia saat ini kurang mengintegrasikan aspek kearifan lokal secara variatif dan kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar BIPA berbasis kearifan lokal dengan tema Istana Maimun sebagai representasi budaya Melayu Deli. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan mencakup beberapa tahap, yaitu analisis kebutuhan, perencanaan desain produk, pengembangan bahan ajar, validasi oleh ahli, uji coba dengan pembelajar asing, serta revisi produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan mampu memberikan pengalaman belajar yang relevan dan menarik melalui integrasi nilai-nilai budaya lokal yang kaya. Penggunaan media interaktif, seperti video, kuis, dan animasi, dalam bahan ajar semakin meningkatkan daya tarik pembelajaran. Bahan ajar ini tidak hanya meningkatkan kompetensi linguistik pembelajar, tetapi juga memperkaya wawasan mereka tentang budaya Indonesia, khususnya budaya Melayu Deli. Selain itu, pengajar BIPA mendapatkan variasi pendekatan pembelajaran yang lebih relevan dengan latar belakang pembelajar. Dengan demikian, bahan ajar ini berkontribusi dalam pelestarian budaya lokal, mendukung diplomasi budaya, dan mendukung internasionalisasi bahasa Indonesia. Penggunaan tema Istana Maimun dalam bahan ajar menjadi langkah strategis untuk memperkenalkan kekayaan budaya Sumatera Utara secara global.
Kata Kunci: bahan ajar, bipa, budaya melayu, istana maimun, kearifan lokal.
Full Text:
PDFReferences
Arifuddin, A., Dewi, R. S., Zuindra, Z., & Mayasari, M. (2021). Pelatihan Kosakata Bahasa Inggris Pariwisata (English For Tourism) Bagi Remaja Dan Praktisi Pariwisata Di Istana Maimun. Jurnal Tunas, 3(1), 156-159.
Dirga, R. N. (2018). Problematika Pemelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (Bipa) Di Timor Leste. Problems in Teaching Indonesian as Foreign Language (BIPA) in East Timor.
lan Husni, 2977, But-butr Adar Melayu Sumatera Timur. Jakara: Departmen Pendan dan Kebudayaan. Magister Linguistik Sekolah Pascasarjana Universitas Sumatera Utara.
Hudhana, W. D., Wiharja, I. A. dan Fitriani, H. S. H. (2021). Bentuk Kesalahan Kalimat dalam Karya Ilmiah Mahasiswa BIPA di Universitas Muhammadiyah Tangerang. Lingua Rima. 11 (2)
Khadavi, K., Banjarnahor, L. E., Tarigan, P. E., Panjaitan, Y. R. Y., & Harahap, S. H. (2024). Desain Bahan Ajar Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) Bermuatan Budaya Lokal Sumatera Utara Melalui Pendekatan Kualitatif Deskriptif. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya, 2(4), 22-28.
Kusumo, G., & Hadiyanti, A. H. D. (2022). Pengembangan bahan ajar BIPA dalam perspektif etnografi komunikasi. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(2), 52-61.
Kosasih, E. (2021). Pengembangan bahan ajar. Bumi Aksara.
Latupapua, F. E. (2020). Mencari Formula Bahan Ajar yang Ramah Budaya Lokal: Problematika Pembelajaran BIPA di Maluku. ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 233-244.
Magdalena, I., Prabandani, R. O., Rini, E. S., Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2020). Analisis Pengembangan Bahan Ajar. Nusantara, 2(2), 180-187.
Maulida, U. (2022). Pengembangan modul ajar berbasis kurikulum merdeka. Tarbawi, 5(2), 130-138.
Napitupul, S. P., KK, 1936 Astektur Tradisional Daerah Sumatera Utar, Prove mentarsi dan Dokumentasi, Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Raharja, C. S. (2023). Diplomasi Budaya Indonesia Melalui Program BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) di Laos Tahun 2016-2022. Jurnal Pena Wimaya, 3(2).
Riska, C., Habib, Muhammad. (2023). Istana Maimoon : Menelusuri Transformasi Socio-cultural Melalui Sejarah Megah Kesultanan Deli di Medan. JSMP : Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Malikussaleh, 4(1), 122-134.
Rohimah, D. F. (2018). Internasionalisasi bahasa Indonesia dan internalisasi budaya Indonesia melalui bahasa Indonesia bagi penutur asing (BIPA). An-Nas, 2(2), 199-212.
Suher, S., & Hermoyo, P. (2017). Pengembangan Materi Ajar BIPA Melalui Budaya Lokal Jawa Timur. ELSE (Eelementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1).
Sinar, Tengku Thyrhaya Zein, Tengku Mira Rozanna Sinar, 2012, Kesultanan Melayu di Sumatera Timur Dalam Catatan Tuanku Lukman Sinar Basyarsyah II, Medan: Mitra.
Suher, S., & Hermoyo, P. (2017). Pengembangan materi ajar BIPA melalui budaya lokal Jawa Timur. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1).
Takari, M., BS, A. Z., & Dja’far, F. M. (2012). Sejarah Kesultanan Deli dan peradaban masyarakatnya. USU Press bekerjasama dengan Kesultanan Deli.
Tengku Luckman Sinar, 1994, Jati Diri Melayu Mean: Majelis Adat dan Budaya Melayu Indonesia.
Teruna, Tengku Azwansyah A., 2007, Sultan Makmoen Al-Rasyid dan Berdirinya Pemerintahan Kota Medan serta Istana Maimoon, Bandung: Melajoe Marie Melajoe.
https://badanbahasa.kemdikbud.go.id/berita-detail/3270/badan-bahasa-targetkan-100.000-pemelajar-baru-bipa-pada-tahun-2024
https://sippn.menpan.go.id/berita/87070/kementerian-pendidikan-kebudayaan-riset-dan-teknologi/deklarasi-bahasa-indonesia-mendunia
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v14i1.13015
Article Metrics
Abstract - 958 PDF - 715Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: linguarima@gmail.com
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.