HIERARKI KEBUTUHAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL LUKACITA KARYA VALERIE PATKAR: KAJIAN PSIKOLOGI HUMANISTIK ABRAHAM MASLOW
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk menganalisis dan mendeskripsikan hierarki kebutuhan yang dialami tokoh utama dalam novel LukaCita karya Valerie Patkar. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana dan apa saja bentuk pemenuhan kebutuhan manusia dalam novel tersebut. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan menganalisis data dari novel LukaCita dan memilih kutipan-kutipan yang relevan untuk dianalasis. Analisis dilakukan dengan menggunakan teori hierarki kebutuhan Abraham Maslow sebagai kerangka pemikiran. Dalam proses pengumpulan data, digunakan metode membaca, mencatat, reduksi data, klasifikasi data, dan pemilihan kutipan yang relevan dari teks sebagai korpus data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tokoh utama dalam novel LukaCita memenuhi kebutuhankebutuhan dalam hierarki Maslow secara bertahap. Kebutuhan-kebutuhan yang ditemukan meliputi kebutuhan fisiologis, kebutuhan rasa aman, kebutuhan sosial (termasuk kebutuhan untuk memiliki dan dicintai), kebutuhan penghargaan, dan kebutuhan aktualisasi diri. Pemenuhan kebutuhan ini terjadi melalui interaksi dengan lingkungan sekitar, hubungan dengan karakter lain, dan proses internal yang dilalui oleh tokoh utama. Melalui analisis ini, dapat dilihat bagaimana perjalanan tokoh utama mencerminkan dinamika pemenuhan manusia menurut teori Maslow dalam konteks sosial dan psikologis yang ada dalam novel tersebut. Teori humanistik dalam psikologi berfokus pada pengembangan potensi manusia dan pencapaian aktualisasi diri. Pendekatan ini menekankan pentingnya kebebasan, pilihan, dan tanggung jawab individu dalam mencapai tujuan hidup yang bermakna.
Kata kunci: Hierarki Kebutuhan, tokoh utama, Abraham Maslow, Humanistik.
Full Text:
PDFReferences
Afrianti, N., Abdurahman, A., & Nursaid, N. (2012). Konflik Batin dalam Novel Moga Bunda Disayang Allah Karya Tere Liye. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 195–203.
Ajidarma, C. D. (2023). Analisis Aspek Kepribadian Tokoh Utama dan Nilai Pendidikan dalam Novel Luka Cita Karya Valerie Patkar serta Hubungan dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas. Doctoral dissertation, IKIP PGRI BOJONEGORO.
Amalia, N., & Yulianingsih, S. (2020). Kajian Psikologis Humanistik Abraham Maslow Pada Tokoh Utama Dalam Novel Surat Dahlan Karya Khrisna Pabichara. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 149–156.
Asmaya, S., & Najid, D. M. (2019). Kebutuhan bertingkat tokoh Fajar dalam novel Kabut Koa karya Ichsan Saif (Kajian psikologi humanistik Abraham Maslow). Jurnal BAPALA. https://jurnalmahasiswa. unesa. ac. id/index.
php/bapala/article/view/27745.
Frank G. Goble. (1987). Mazhab Ketiga Psikologi Humanistik Abraham Maslow. Kasnisius.
Haris, M., & Suwartini, I. (2019). Analisis Jenis Trauma Tokoh Utama dalam Novel Peter Karya Risa Saraswati Sebagai Alternatif Bahan Ajar Sastra di SMA. Jurnal Komposisi, 4(2), 68–74.
Kurniawati, U. M., & Maemonah, M. (2021). Analisis Hierarki Kebutuhan Maslow Dalam Pembelajaran Daring Anak Usia Dasar: Analisis Jurnal Sinta 2 Sampai 6. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(1), 51–65.
Rahmawati, N. (2018). Aspek Hierarki Kebutuhan Bertingkat Tokoh Utama Dalam Novel Vegetarian Karya Han Kang: Kajian Teori Psikologi Humanistik Abraham Maslow. Jurnal Sapala, 5(1), 3–5.
Rostanawa, G. (2019). Hirarki Kebutuhan Tokoh Utama dalam Novel Pulang dan Laut Bercerita Karya Leila S. Chudori (Kajian Psikologi Humanistik Abraham Maslow).
ELite Journal: International Journal of Education, Language, and Literature, 1(2).
Suprapto, L., Andayani, A., & Waluyo, B. (2014). Kajian psikologi sastra dan nilai karakter Novel 9 dari nadira karya leila s. Chudori. BASASTRA, 2(3).
Valerie Patkar. (2022). LUKACITA. Bhuana Ilmu Populer.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v13i3.13030
Article Metrics
Abstract - 1288 PDF - 939Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: linguarima@gmail.com
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.