PSIKOANALISIS KARAKTER TOKOH PADA CERPEN ANAK THE VELVETEEN RABBIT KARYA MARGERY WILLIAMS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fase psikologis tokoh Velveteen Rabbit (Kelinci Beludru) dalam cerpen The Velveteen Rabbit menggunakan teori psikoanalisis Jacques Lacan. Metode penelitian yang digunakan yakni deskriptif kualitatif. Data yang diteliti berkaitan dengan kutipan berupa narasi, dialog, kalimat, teks menunjukan psikoanalisis dari teks cerpen The Velveteen Rabbit (Kelinci Beludru). Sumber data yaitu cerpen The Velveteen Rabbit karya Margery Williams. Teknik pengumpulan data ini dilakukan dengan studi pustaka yaitu dengan baca dan catat teks cerpen The Velveteen Rabbit (Kelinci Beludru) melalui sumber-sumber yang tertulis yang berkaitan dengan penelitian. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan pendekatan psikoanalisis Jacques Lacan untuk mendeskripsikan fase imajiner, simbolik dan real dalam teks. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fase imajiner tercermin dalam keinginan The Velveteen Rabbit untuk menjadi “nyata” melalui pembentukan identitas diri atau gambaran diri dengan citra ideal yang dibayangkan dan tidak sepenuhnya sesuai dengan kenyataan. Fase simbolik terlihat dari pengakuan cinta anak sebagai makna simbolik melalui proses interaksi ke dalam dunia bahasa dan norma sosial untuk memperoleh rasa identitasnya yang memberikan The Velveteen Rabbit (Kelinci Beludru) pemahaman baru tentang eksistensinya sebagai lebih dari sekadar mainan. Fase ril tampak dalam momen traumatik saat The Velveteen Rabbit (Kelinci Beludru) dibuang, yang mengakibatkan transformasi akhir menjadi “nyata.”
Kata kunci: Psikonalisis, Karakter tokoh, Cerpen
Full Text:
PDFReferences
Afrani, A. Z., Rengganis, R., & Sudikan, S. Y. (2024). Ekspresi Bahasa Bermuatan Self Improvement Dalam Novel Luka Cita Karya Valerie Patkar: Kajian Psikoanalisis
Jacques Lacan. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 192-208.
Ahmadi, A. (2015). Psikologi Sastra. Penerbit Unesa University Press.
Alfadlilah, M. (2024). Hasrat Tokoh Anak Muda Pada Cerpen” Dari Masa Ke Masa” Karya AA Navis Kajian Lacanian. Calls (Journal Of Culture, Arts, Literature, And Linguistics), 10(1), 17-26.
Andayani, D. H., Adhrianti, L., & Alfarabi, A. (2024). Perspektif Paradigma Naratif Dalam Aktivitas Mendongeng Untuk Menanamkan Nilai Moral Anak Usia Dini. LITERATUR: Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pengajaran, 4(2), 158-177.
Astuti, N. P. E., Putrayasa, I. B., Sudiana, I. N., Wijaya, P. A. A., & Anggreni, N. K. (2024). Sastra Anak, Media Pembentukan Karakter Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 8(1), 42-52.
Himmah, A., & Pujiharto, P. (2020). Pembentukan Subjek Pada Tokoh Utama Dalam Novel Sastra Jendra Hayuningrat Pangruwating Diyu Karya Agus Sunyoto: Kajian Psikoanalisis Jacques Lacan. Universitas Gadjah Mada.
Maulani, S., Faridah, F., Putri, P., & Ardiansyah, D. (2025). Peran Cerita Rakyat Dalam Membentuk Karakter Anak. Indo-Mathedu Intellectuals Journal, 6(1), 394-400.
Mulyawati, H. Z. (2022). Kajian Psikoanalisis Peran Tokoh Utama Dalam Cerpen Sepatu Balet Dira Karya Kustini. Journal Educational Of Indonesia Language, 3(01), 1-8.
Raharjo, S., & Rohimi, P. (2025). Teknik Penulisan Naskah Radio, Tv, Dan Film: Sebuah Kajian Strategis Untuk Pengembangan Industri Kreatif. At-Tadzkir: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Komunikasi, 2(1), 8-13.
Rohimah, I. (2014). Bupena Buku Penilaian Autentik Bahasa Indonesia Untuk SMP/Mts Kelas VIII. Jakarta: Erlangga.
Soleha, F., Supratno, H., & Raharjo, R. P. (2020). Tempramen Analysis In The Novel Catatan Juang By Fiersa Besari (Ludwig Klages Personality). Jurnal DISASTRI (Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 2.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, Dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.
Wellek, R., & Warren, V. (2016). Destroying Literary Studies. Theory’s Empire, 41–51.
Yasin, M., Garancang, S., & Hamzah, A. A. (2024). Metode Dan Instrumen Pengumpulan Data (Kualitatif Dan Kuantitatif). Journal Of International Multidisciplinary Research, 2(3), 161-173.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v14i2.13518
Article Metrics
Abstract - 256 PDF - 133Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: linguarima@gmail.com
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.