CAMPUR KODE PIDATO HAEDAR NASHIR DALAM MILAD MUHAMMADIYAH KE–108 DAN 109: KAJIAN SOSIOLINGUISTIK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bentuk dan jenis campur kode yang terdapat dalam pidato Milad ke-108 dan 109 Muhammadiyah yang disampaikan oleh Haedar Nashir. Metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode simak dengan teknik dasar sadap dan teknik lanjutan simak bebas libat cakap. Setelah data diperoleh kemudian diklasifikasikan berdasarkan kategori bentuk dan jenis campur kodenya melalui analisis secara deskriptif menggunakan teori Suandi. Pada proses analisis data digunakan teknik padan intralingual. Triangulasi waktu digunakan untuk keabsahan data dengan cara pengecekan secara berulang data yang telah diperoleh melalui sumber asli data berupa video dan teks tertulis pidato Milad ke-108 dan 109 Muhammadiyah dengan waktu yang berbeda hingga mendapatkan data yang valid dan lebih kredibel. Dalam proses keabsahan data juga dilakukan pemeriksaan sejawat melalui diskusi untuk pemeriksaan data yang telah diperoleh. Hasil penelitian ini menunjukan adanya unsur campur kode dalam pidato Milad ke-108 dan 109 Muhammadiyah yang disampaikan oleh Haedar Nashir yang berupa bentuk campur kode yang terdiri atas campur kode pada tataran klausa, campur kode pada tataran frasa, dan campur kode pada tataran kata. Selain bentuk, adapun jenis campur kode yang terdapat pada pidato milad Muhammadiyah yang terdiri atas campur kode ke dalam (inner code mixing), campur kode keluar (outer code mixing), dan campur kode campuran (hybrid code mixing).
Kata kunci: Campur Kode, Pidato, sosiolinguistik
Full Text:
PDFReferences
Arjuna, M. A. (2021). Implementasi Teknik Pidato Keagamaan dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Al-Hidayah Medan. Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 35-47.
Hidayati, N. N. (2020). Bilingualisme dan Multilingualisme: Pro dan Kontra Pada Perkembangan Bahasa Dan Kognitif Anak. Al Hikmah: Jurnal Studi Keislaman, 10(1), 91-104.
Khansa, N. M. (2022). Pengaruh globalisasi terhadap penggunaan bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 9(1), 1-8.
Khoirurrohman, T., & Anjany, A. (2020). Alih Kode dan Campur Kode dalam Proses Pembelajaran di SD Negeri Ketug (Kajian Sosiolinguistik): Array. DIALEKTIKA Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 10(1), 362-370.
Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa sebagai alat komunikasi dalam kehidupan manusia. Kampret Journal, 1(2), 1-10.
Nurfajriani, W. V., Ilhami, M. W., Mahendra, A., Afgani, M. W., & Sirodj, R. A. (2024). Triangulasi data dalam analisis data kualitatif. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(17), 826-833.
Nopiyadi, D., & Guntur, M. (2024). Analisis Campur Kode pada Pidato General Manager Bentani Hotel dalam Rapat Kerja tahunan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 9487-9496.
Prasatyo, B. A., & Kurniyawati, Y. (2022). Campur Kode dalam Pidato Presiden Joko Widodo pada Konferensi Forum Rektor Seluruh Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa, 11(1), 167-176.
Sukarno, L. N., & Saptomo, S. W. (2022). Campur kode dalam teks pidato bupati sragen. Klitika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 126-135.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v14i2.13627
Article Metrics
Abstract - 264 PDF - 100Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: linguarima@gmail.com
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.