IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ANEKDOT DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI SMA BHAKTI ANANDA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran serta asesmen pembelajaran menulis teks anekdot dengan model Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan bentuk kualitaif dan pendekatan studi kasus (Case Study). Sumber data penelitian meliputi peristiwa pembelajaran, wawancara, dan analisis dokumen. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi pasif, analisis dokumen, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pertama, modul ajar yang disusun guru Bahasa Indonesia SMA Bhakti Ananda sudah lengkap dan sesuai dengan format penyusunan modul ajar yang mencakup informasi umum, komponen inti, dan lampiran. Kedua, pelaksanaan pembelajaran menulis teks anekdot dengan model Problem Based Learning di kelas X SMA Bhakti Ananda berjalan dengan baik dan sesuai dengan sintak Problem Based Learning. Ketiga, asesmen pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran berbasis Kurikulum Merdeka ini adalah asesmen formatif dan asesmen sumatif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran menulis teks anekdot dengan model Problem Based Learning sudah berjalan dengan baik sesuai dengan modul ajar dan sintak Problem Based Learning. Guru dapat memberikan pembelajaran yang interaktif dan bermakna bagi peserta didik.
Kata Kunci: Pembelajaran, Menulis Teks Anekdot, Problem Based Learning
Full Text:
PDFReferences
Altika, W., Indryani, & Hasni, U. (2023). Perkembangan dan Pembelajaran Anak Usia Dini di TK IT Al-Azka Kota Jambi. Innovative: Journal Of Social Science ResearchJ, 3(2), 13501–13513.
Apriyani, N. A., & Nugraha, A. S. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Anekdot Berorientasi Krisis Dengan Model Problem Based Learning Pada Peserta Didik Kelas X Smk Bina Warga Bandung. Garda Guru, 2(1), 27–37.
Channel, E. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Instruction. 1, 1. https://educhannel.id/blog/artikel/model-pembelajaran-problem-based-instruction.html
Desvina Dwi Jayanti, Qonaah Nuryan Arif, & Meli Marlina. (2024). Penerapan Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Materi Daur Air Pada Pelajaran Biologi. ASPIRASI : Publikasi Hasil Pengabdian Dan Kegiatan Masyarakat, 2(2), 54–61. https://doi.org/10.61132/aspirasi.v2i2.447
Diana Santy, N. W. (2021). Citra Perusahaan Garuda Indonesia: Persepsi Para Loyalis Garuda Indonesia. In STTKD Sekolah Tinggi Teknologi Kerdigantaraan Yogyakarta. STTKD Sekolah Tinggi Teknologi Kerdigantaraan Yogyakarta.
Fadilla, A. R., Suhardi, S., & Sudiati, S. (2023). Implementasi Penilaian Autentik Bahasa Indonesia Bermuatan Literasi Digital-Industri di SMK dalam Paradigma Kebijakan Edukasi 5.0. Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat, 8(2), 277–298. https://doi.org/10.47200/jnajpm.v8i2.1681
Firdaus, A. A., Budhi Setiawan, & Sarwiji Suwandi. (2024). Implementasi Pembelajaran Menulis Teks Argumentasi dengan Model Problem Based Learning di SMA Negeri 1 Ngrambe. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(3), 3223–3233. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.4102
Helaluddin, & Awalludin. (2020). Keterampilan Menulis Akademik Panduan bagi Mahasiswa di Perguruan Tinggi (Vol. 42171, Issue Agustus).
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024.
Muhamad Irgi Abdillah Az-zarkasyi, & Hindun Hindun. (2023). Penerapan Metode Problem Based Learning (PBL) dalam Kurikulum Merdeka. Guruku: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(1), 69–80. https://doi.org/10.59061/guruku.v2i1.562
Musyadad, V. F., Hanafiah, H., Tanjung, R., & Arifudin, O. (2022). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Guru dalam Membuat Perangkat Pembelajaran. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1936–1941. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.653
Nasution, S. (2009). Metode Research (penelitian ilmiah). 3(1), 33–41.
Nursalam, N., Sulaeman, S., & Latuapo, R. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Pembelajaran Berbasis Proyek pada Sekolah Penggerak Kelompok Bermain Terpadu Nurul
Falah dan Ar-Rasyid Banda. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 17–34. https://doi.org/10.24832/jpnk.v8i1.3769
Praptanti, I. (2021). Pembelajaran Menulis Teks Argumentasi Berbasis Strategi Role Audience Format Topic (RAFT) Berbantuan Media Video Peristiwa Aktual Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 7(1), 31–42.
Safitri, L., Widyadhana, W., Salsadila, A., Ismiyanti4, M., Purwo, A., Utomo, Y., & Kusuma Yuda, R. (2023). Analisis Kalimat Teks Anekdot pada Buku Bahasa Indonesia Kelas X Kurikulum Merdeka. Journal of Creative Student Research (JCSR), 1(2), 396–414. https://doi.org/10.55606/jcsrpolitama.v1i2.1876
Sari, M., & Rosidah, A. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar IPS SD. Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia, 2(1), 8–17. https://doi.org/10.56916/jipi.v2i1.307
Siti Fatimah Zahara. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur pada Siswa Kelas X SMK Swasta Jambi Medan. Sintaks: Jurnal Bahasa & Sastra Indonesia, 2(1), 95–100. https://doi.org/10.57251/sin.v2i1.244
Sudjimat, D. A., & & ST, M. P. (2022). Implementasi Project-Based Learning dan Pengembangan Karakter Pekerja Abad XX. Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Suharti, N. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Teks Anekdot Dengan Stad Dan Make a Match Pada Siswa Kelas X Sma. LOA: Jurnal Ketatabahasaan Dan Kesusastraan, 14(1), 55.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v14i2.14035
Article Metrics
Abstract - 25 PDF - 2Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: linguarima@gmail.com
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.