PENGGUNAAN VIDEO BERBASIS KEARIFAN LOKAL JAMBI DALAM MENULIS TEKS DESKRIPSI KELAS VII SMP NEGERI 7 MUARO JAMBI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan video berbasis kearifan lokal Jambi dalam pembelajaran menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII SMPN 7 Muaro Jambi. Teks deskripsi adalah jenis teks yang menggambarkan suatu objek secara rinci sehingga pembaca dapat membayangkan objek tersebut secara nyata. Penggunaan media video berbasis kearifan lokal dipilih untuk meningkatkan minat dan kemampuan siswa dalam menulis, serta mengenalkan budaya lokal kepada peserta didik. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi terhadap proses pembelajaran, wawancara dengan guru dan siswa, serta dokumentasi hasil tulisan siswa. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan video berbasis kearifan lokal Jambi memberikan dampak positif terhadap keterlibatan siswa dalam pembelajaran dan kualitas tulisan mereka. Siswa menjadi lebih antusias, memahami materi dengan lebih baik, dan mampu menulis teks deskripsi yang lebih terperinci dan menarik. Selain itu, penggunaan video yang mengangkat budaya lokal juga membentuk kesadaran budaya pada siswa dan menumbuhkan rasa memiliki terhadap kearifan lokal daerah mereka.
Kata kunci: Menulis, Teks Deskripsi, Video, Kearifan Lokal, Jambi
Full Text:
PDFReferences
Alfiah, S., Fauzati, T., & Nisa, A. F. (2024). Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.
Argiandini, S. R. (2019). Keterampilan Menulis Resensi. INA-Rxiv Papers, 17.
Harjono, H. S. (2019). Literasi Digital: Prospek dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa. Pena : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra , 8 (1), 1 – 7.
Hermaditoyo, S. (2018). Teks Deskriptif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 10(2), 267–273.
Husein, B.H., Noor, D., (2016). Pemanfaatan Video sebagai Media Pembelajaran Matematika SD/MI. MUALLIMUNA: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah 2.
Ihsan, S., & Ahyanuardi. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (JPTE), 37-41.
Jamaliyah, R., Wulandari, N.F., (2022). Implementasi Vidio Pembelajaran Berbasis ELearning Untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas Xi MAN Purworejo. Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika 5, 41.
Maulani, S., Nuraisyah, N., Zarina, D., Velinda, I., & Aeni, A. N. (2022). Analisis Penggunaan Video sebagai Media Pembelajaran Terpadu terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 2(1), 539–546.
Murniana. (2022). Video Pembelajaran dan Problematika Motivasi Belajar Di Masa Pandemi. Lombok Tengah: Penerbit P4I.
Ningsih, M.P., Maulani, C.Y., Setyadi, T., Arum, D.P., (2022). Potensi Lingkungan sebagai Sumber Belajar dan Media Pembelajaran di Sekolah Adat Kampoeng Batara Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Pendidikan dan Konseling 4, 2825–2833.
Nurgiyantoro, B. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Cetakan X. Yogyakarta:Gadjah Mada University Press.
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319.
Septiaji, Aji. 2015. Membangun Keterampilan Menulis. Jakarta: Kompasiana.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v14i2.14084
Article Metrics
Abstract - 148 PDF - 138Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: linguarima@gmail.com
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.