NILAI-NILAI SOSIAL DALAM DWILOGI NOVEL SEPASANG YANG MELAWAN KARYA JAZULI IMAM (PENDEKATAN SOSIOLOGI SASTRA)

Shifa Fauziah, Trie Utari Dewi

Abstract


Dwilogi Novel Sepasang yang Melawan karya Jazuli Imam menceritakan tokoh yang memiliki jiwa sosial tinggi baik terhadap sesama manusia maupun alam semesta. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai-nilai sosial yang terdapat dalam Dwilogi Novel Sepasang yang Melawan karya Jazuli Imam. Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologi sastra. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah nilai-nilai sosial dalam Dwilogi Novel Sepasang yang Melawan karya Jazuli Imam yang diterbitkan oleh penerbit Djelajah Pustaka tahun 2014 dan 2017. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik simak dan catat. Teknik analisis menggunakan metode deskriptif analisis. Hasil temuan dalam analisis nilai-nilai sosial dalam Dwilogi Novel Sepasang yang Melawan yaitu pengabdian, tolong-menolong, kekeluargaan, kesetiaan, kepedulian, nilai rasa memiliki, disiplin, empati, nilai keadilan, toleransi, kerjasama, dan demokrasi. Pada Dwilogi Novel Sepasang yang Melawan karya Jazuli Imam nilai sosial yang dominan yaitu nilai kepedulian.

 Kata kunci: Nilai sosial, Dwilogi, Sosiologi Sastra


Full Text:

PDF

References


Cahyani, I., & Rahmayanti. 2020. Nilai-Nilai Sosial dalam Novel Untukmu Imam Rahasiaku Karya Maylan Kokonoka. Jurnal Stilistika, Vol 5 No 2 PP 157–167.

Imam, J. 2014. Sepasang Yang Melawan #1. Yogyakarta: Djelajah Pustaka.

Imam, J. 2017. Sepasang Yang Melawan #2. Yogyakarta: Djelajah Pustaka.

Irma, C. N. 2017. Pendekatan Sosiologi Sastra dan Nilai-Nilai Pendidikan dalam Novel Punakawan Menggugat Karya Ardian Kresna. Jurnal Bindo Sastra, Vol 1 No 1

Nasution, W. 2016. Kajian Sosiologi Sastra Novel Dua Ibu Karya Arswendo Atmowiloto: Suatu Tinjauan Sastra. Jurnal Bahasa STKIP. Vol 4 No 1 PP 14–27.

Oktaviyanti, R. 2016. Implementasi Nilai-Nilai Sosial dalam Membentuk Perilaku Sosial Siswa SD. Journal of Primary Education. Vol 5 No 2 PP 77–84.

Saputra, W., Atmazaki, & Abdurahman. 2012. Nilai-Nilai Sosial dalam Novel Bukan Pasar Malam Karya Pramoedya Ananta Toer. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 409–417.

Solihati, N., Hikmat, A., & Hidayatullah, S. 2016. Teori Sastra. Jakarta: Uhamka Press.

Trisnawati. 2018. Analisis Nilai Moral dan Nilai Sosial pada Kumpulan Cerpen Karya Ahmad Tohari sebagai Upaya Pemilihan Bahan Pembelajaran pada Siswa Kelas X SMAN 5 Pandeglang. Jurnal Artikula. Vol 1 No 1 PP 17–28.

Zubaedi. 2007. Pendidikan Berbasis Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v10i2.4739

Article Metrics

Abstract - 1990 PDF - 2462

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats