WACANA BERITA KURIKULUM OPERASIONAL SEKOLAH DI SEKOLAH PENGGERAK PADA KORAN DIGITAL RADARSOLO.JAWAPOS.COM (ANALISIS WACANA KRITIS MODEL TEUN A. VAN DIJK)

Desy Rufaidah, Ermawati Ermawati, Sumarlam Sumarlam

Abstract


Saat ini berita tidak hanya disajikan dalam bentuk cetak, tetapi disajikan pula dalam bentuk digital,daring. Melalui berita, komunikator dapat menyampaikan informasi, menyosialisasikan, mengampanyekan, memengaruhi, mengintimidasi, dan menanamkan ideologi kepada partisipan (pembaca). Makna dari wacana dan proses produksi berita dapat diketahui dengan analisis model Teun A. Van. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur teks dan konteks sosial model Teun A. Van Dijk pada wacana teks berita daring radarsolo.jawapos.com dengan judul “Sekolah Penggeran di Solo Kebut Rancang Kurikulum Baru”. Berita tersebut diterbitkan 13 Juli 2021. Data penelitian ini berupa penggalan berita daring berjudul “Sekolah Penggeran di Solo Kebut Rancang Kurikulum Baru”. Sumber data diperoleh dari surat kabar daring radarsolo.jawapos.com. Metode simak, teknik simak bebas libat cakap, catat, dan studi Pustaka digunakan untuk mengumpulkan data. Instrumen penelitian yaitu pemahaman peneliti mengenai AWK model Teun A. Van Dijk dan sekolah penggerak dengan kartu data. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik. Metode analisis data menggunakan metode analisis wacana kritis model Teun A. Van Dijk. Hasil penelitian ditemukan bahwa struktur teks berita tersebut memuat tiga dimensi teks yaitu struktur makro, superstruktur, struktur mikro. Struktur makro yaitu sekolah penggerak harus menggunakan Kurikulum Operasional Sekolah. Superstruktur meliputi meliputi bagian summary dan story, sedangkan struktur mikro meliputi latar, detil, koherensi, bentuk kalimat, leksikon, dan grafis. Dalam konteks sosial diketahui tidak terdapat praktik kekuasaan dan akses luas. Kata kunci: Kurikulum Operasional, Analisis Wacana

Full Text:

PDF

References


Badara, Aris. (2012). Analisis Wacana: Teori, Metode, dan Penerapannya pada Wacana

Media. Jakarta: Kencana.

Eriyanto. (2001). Analisis Wacana. Yogyakarta: PT LKiS Printing Cemerlang.

Dijk, Teun A. Van. 1988. News as Discourse. Hillsdale, New Jersey :Lawrence Erlbaum

Associates, Inc.

Jamaludin, Asep, Ermanto, Novia Juita. 2016. “Tinjauan Analisis Wacana Kritis

Perspektif Teun A. Van Dijk dalam Media Online Portal Harian Singgalang”

dalam Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, vol. 5, no. 2, seri A 73-

Jorgensen, Marianne W. and Louise J. Phillips. (2010). Discourse Analysis as Theory

and Method (terj. Imam Suyitno, Lilik Wahyuni, dan Suwarna). Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Kasir, Muhammad, Ramli, Mohammad Harun. 2021. “Representasi Ideologi dalam ILC

tvone Berdasarkan Struktur Mikro Analisis Wacana Kritis Model Teun A. Van

Dijk” dalam Jurnal Kata, vo. 5, no. 1, hlm. 133-148.

Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 162 Tahun

Mahsun. 2005. Metode Penelitian Bahasa. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Sumarlam. (2013). Teori dan Praktik Analisis Wacana. Surakarta: KATTA.

https://kbbi.kemdikbud.go.id

https://radarsolo.jawapos.com/pendidikan/13/07/2021/sekolah-penggerak-di-solo-kebutrancang-kurikulum-baru




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v11i1.5782

Article Metrics

Abstract - 866 PDF - 782

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats