LITERASI KELUARGA: STRATEGI MENUMBUHKAN KEBIASAAN TANGGUNGJAWAB MEMBACA KEPADA ANAK

Mulasih Mulasih

Abstract


Membaca adalah kegiatan penalaran suatu informasi yang disajikan dalam bentuk angka atau huruf merupakan salah satu bentuk implementasi dari kemampuan literasi. Kemampuan literasi sendiri dianggap menjadi salah satu komponen yang diakui menjadi tujuan pendidikan dan pengembangan setiap negara, walaupun pada kenyataannya Indonesia masih sangat tertinggal jauh. Salah satu bentuk penanganan isu ini adalah dengan menanamkan kebiasaan tanggungjawab membaca sejak dini kepada anak dengan menciptakan keluarga yang literat. Anak yang memiliki ciri khas sikap imitatif atau suka meniru, akan mudah dibentuk dengan penciptaan keluarga yang siap mencontohkan sikap literat atau banyak melakukan kegiatan terkait literasi, seperti memperbanyak interaksi dengan buku, mempunyai koleksi buku, sering membaca buku, sering memegang buku dan membolak-balik buku dan sering membacakan buku buat anak-anaknya. Dengan menggunakan metode studi literatur, penelitian ini menyajikan peran orang tua dalam menciptakan literasi keluarga, dari mulai mendeteksi kebutuhan dan gaya belajar anak, membudayakan minat baca di tengah keluarga, hingga melakukan penguatan terhadap budaya yang diciptakan. Kata kunci: membaca, keluarga, literasi, tanggungjawab

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z. (2017). Pengembangan Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) di

Madrasah. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 120-131.

Arsa, D., Atmazaki, A., & Juita, N. (2019). Literasi Awal pada Anak Usia Dini Suku Anak

Dalam Dharmasraya. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 127-136.

Hudhana, W. D. dan Ariyana. 2018. Menanamkan Budaya Literasi pada Anak Usia Dini Melalui

Dongeng. Jurnal Lingua Rima. 7 (1), 80-85

Husnaini, N. (2018). Identifikasi Pola Pengenalan Literasi pada Anak Usia Dini di Kota

Mataram. Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 30-39.

Inten, D. N. (2017). Peran Keluarga Dalam Menanamkan Literasi Dini pada Anak. Golden Age:

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1).

Irna, I. (2019). Menumbuhkan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Implementasi Literasi

Keluarga. Fascho, 9(1), 15-34.

Kharizmi, M. (2015). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Kemampuan

Literasi. Jurnal Pendidikan Dasar (JUPENDAS), 2(2).

Masruroh, S., & Dewi, N. F. K. (2020). Penerapan Reinforcement dalam Mendisiplinkan Anak

Usia 5-6 Tahun di TK Islam Kinasih Kecamatan Pinang Tangerang. Ceria: Jurnal

Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2), 55-66.

Mulasih, dan Hudhana, W. D. (2020). Urgensi Budaya Literasi dan Upaya Menumbuhkan Minat

Baca. Jurnal Lingua Rima. 9 (2), 19-23.

Pratomo, H. T. A., & Purnaningrum, W. D. (2020). Deteksi Dini dan Penguatan Literasi Siswa

Sekolah Dasar. Jurnal Empathy Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 137-145.

Suhaimi, I. (2017). Memberdayakan Kecerdasan Kinestetik Anak Untuk Budaya Literasi

Bahasa. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 1(1), 72-90.

Susilowati, R. (2018). Pemahaman Gaya Belajar pada Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi

Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 1(1), 89-100.

Walgito, B. (2005). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.

Zahro, I. F., Atika, A. R., & Westhisi, S. M. (2019). Strategi Pembelajaran Literasi Sains Untuk

Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 121-130.

Zaini, R. (2014). Studi Atas Pemikiran BF Skinner Tentang Belajar. TERAMPIL: jurnal

pendidikan dan pembelajaran dasar, 1(1), 118-129.

Zati, V. D. A. (2018). Upaya Untuk Meningkatkan Minat Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Bunga

Rampai usia Emas, 4(1), 18-21




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v11i1.5783

Article Metrics

Abstract - 827 PDF - 1880

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats