PEMBELAJARAN MENGENAL, MENULIS, DAN MENERBITKAN PUISI BERMUATAN NILAI UTAMA KARAKTER REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME

Nurul Setyorini, Kadaryati Kadaryati, Bagiya Bagiya

Abstract


Ada tiga karakter utama era revolusi industri 4.0 antara lain: inovasi, otomasi dan transfer informasi. Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menjelaskan Terdapat tiga hasil penelitian yang akan dibahas pada bagian ini, yaitu1 (1) penerapan nilai karakter utama era revolusi industri 4.0 dengan pendekatan konstruktivisme melalui pembelajaran mengenal puisi bagi mahasiswa di perguruan tinggi, (2) penerapan nilai karakter utama era revolusi industri 4.0 dengan pendekatan konstruktivisme melalui pembelajaran mencipta puisi bagi mahasiswa di perguruan tinggi, (3) penerapan nilai karakter utama era revolusi industri 4.0 dengan pendekatan konstruktivisme melalui pembelajaran menerbitkan puisi bagi mahasiswa di perguruan tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan proses pembelajaran nilai pendidikan karakter melalui pembelajaran puisi bagi mahasiswa perlu memperhatikan empat tahapan meliputi, (1) memilih materi, (2) memilih sumber belajar, (3) memilih objek puisi, (4) memilih model pembelajaran, dan (5) penerapan nilai karakter utama era revolusi industri 4.0 dengan pembelajaran. Kedua, dengan memperhatikan enam tahapan pembelajaran puisi maka dosen dan mahasiswa sudah mengintegrasikan nilai-nilai karakter 4.0 dalam pembelajaran puisi, baik inovasi, otomasi dan transfer informasi. Kata kunci: nilai karakter, revolusi 4.0, puisi.

Full Text:

PDF

References


Annisa, M. N., Wiliah, A., & Rahmawati, N. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter pada

Anak Sekolah Dasar di Zaman Serba Digital. Bintang : Jurnal Pendidikan Dan Sains,

(1), 35–48.

Fitri, Yunela. (2020). Implementasi Penerapan Teori Konstruktivisme dalam Proses

Pembelajaran di Sekolah Dasar. Workshop Pembelajaran di Sekolah Dasar, 3(4),

-1307.

Cahyono, B. E. H. (2019). Pembelajaran Sastra Berbasis Pengembangan Kreativitas di Era

Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional “Inovasi Pembelajaran Bahasa

Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0.”

Dewo, S. A. (2018). Era Revolusi Industri 4.0 harus Diikuti Penguatan Pendidikan

Karakter. Retrieved from siar.com website: https://siar.com/era-revolusi-industri-4-0-

harus-diikuti-penguatan-pendidikan-karakter/

Ernawati, Y. (2018). Membangun Karakter melalui Pembelajaran Sastra: Problematika

Pembinaan Karakter. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi Universitas Bina Darma, 11(1).

Hanifa, S., & Dewi, D. A. (2021). Kesadaran Patriotik Di Kalangan Mahasiswa. Jurnal

Pendidikan Indonesia, 2(4), 757–763.

Hasanah. (2013). Implementasi Nilai-Nilai Karakter Inti di Perguruan Tinggi. Jurnal

Pendidikan Karakter, 4(2), 186–195.

Henriksen, D., Richardson, C., & Mehta, R. (2017). Design thinking: A creative approach

to educational problems of practice. Thinking Skills and Creativity, 26, 140–153.

https://doi.org/doi.org/10.1016/j.tsc.2017.10.001

Irma, C. N., & Bagiya. (2021). Aktualisasi Nilai Pendidikan Moral Melalui Pembelajaran

Menulis Puisi bagi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Bahtera - Jurnal Pendidikan

Bahasa Sastra Dan Budaya, 8(2).

Kanzunnudin, M. (2012). Peran Sastra Dalam Pendidikan Karakter. Prosiding Seminar

Nasional Pendidikan: Pendidikan Untuk Kejayaan Bangsa, 195–204. Yogyakarta:

Universitas Sanata Dharma.

Khakiim, U. (2017). Guru sebagai Role Model Individu Berkarakter bagi Peserta Didik

untuk Mendukung Keberhasilan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Karya Ilmiah

Dosen, 3(2), 217–230.

Koesoema, D. (2010). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global (A.

A. Nusantara, Ed.). Jakarta: Grasindo.

Kurniawan, S. (2014). Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Implementasinya Secara

Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, Masyarakat.

Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Kusnohadi. (2019). Tiga Karakter Utama Revolusi Industri 4.0. Retrieved from

lpmpjatim.kemdikbud.go.id website:

https://lpmpjatim.kemdikbud.go.id/site/detailpost/tiga-karakter-utama-revolusiindustri-4-0

Maunah, B. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Kepribadian

Holistik Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, (1).

Pahlevi, I. (2019). Revolusi Industri 4.0 dan Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan. In C.

M. Firdausy, A. Suryana, R. Nugroho, & Y. B. Suhartoko (Eds.), Prosiding Seminar

Nasional Bagian II Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI. Jakarta: Pusat

Penelitian Badan Keahlian DPR RI.

Risdianto, E. (2019). Analisis Pendidikan Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0.

Bengkulu.

Rohmadi, M. (2018). Strategi dan Inovasi dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

di Era Industri 4.0. Pertemuan Ilmiah Bahasa Dan Sastra Indonesia (PIBSI) XL 2018.

Rustandi, A. (2019). Pembelajaran Menulis Puisi Anak Berorientasi Karakter dengan

Menggunakan Model Multisensori pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar (SD) Negeri

Rahayu 01 Kabupaten Bandung. LITERASI: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra

Indonesia Dan Daerah, 9(1).

Suryaman, M. (2017). Sastra, Media Massa, dan Literasi Membaca Siswa Indonesia.

Prosiding Seminar Internasional PIBSI XXXIX. Semarang.

Syahrobani, I. (2021). Urgensi Role Model Guru dalam Pembentukan Siswa Berkarakter

dengan 5M (pp. 1–6). pp. 1–6. Kuningan: Universitas Islam Al-Ihya Kuningan.

Syamsuar, & Reflianto. (2018). Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran Berbasis

Teknologi Informasi di Era Revolusi Industri 4.0. E-Tech : Jurnal Ilmiah Teknologi

Pendidikan, 6(2).

Tjahjani, L., Andahara, C., Evert, C., & Maynanda, I. (2020). Inovasi Menghadapi Revolusi

Industri 4.0 dan Masyarakat 5.0. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Usmar. (2021). PA GMNI Di Tengah Perubahan Arus Generasi. Retrieved from

infokongres.com website: https://infokongres.com/pa-gmni-di-tengah-perubahan-arusgenerasi/

Wahyuni, Dewi. 2021. Meningkatkan Pembelajaran Sastra Melalui Perkembangan Era

Digital. Jurnal Edukasi Kultura, 7(1), 1-10.

Wati, F. Y. L. (2015). Pengembangan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar/Madrasah

Ibtidaiyah. Jurnal Mitra PGMI, 1(1), 97–112.

Wiwita, L. (2019). Pembelajaran Sastra dan Implikasinya terhadap Pendidikan Karakter

Siswa. Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra Dan Budaya, 6(1).

Yogyantoro. (2021). Apresiasi Sastra Lahirkan Profil Pelajar Pancasila. Retrieved from

Poskita website: https://poskita.co/2021/10/06/apresiasi-sastra-lahirkan-profil-pelajarpancasila




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v11i1.5786

Article Metrics

Abstract - 679 PDF - 639

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats