PEMBELAJARAN MENGENAL, MENULIS, DAN MENERBITKAN PUISI BERMUATAN NILAI UTAMA KARAKTER REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Annisa, M. N., Wiliah, A., & Rahmawati, N. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter pada
Anak Sekolah Dasar di Zaman Serba Digital. Bintang : Jurnal Pendidikan Dan Sains,
(1), 35–48.
Fitri, Yunela. (2020). Implementasi Penerapan Teori Konstruktivisme dalam Proses
Pembelajaran di Sekolah Dasar. Workshop Pembelajaran di Sekolah Dasar, 3(4),
-1307.
Cahyono, B. E. H. (2019). Pembelajaran Sastra Berbasis Pengembangan Kreativitas di Era
Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional “Inovasi Pembelajaran Bahasa
Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0.”
Dewo, S. A. (2018). Era Revolusi Industri 4.0 harus Diikuti Penguatan Pendidikan
Karakter. Retrieved from siar.com website: https://siar.com/era-revolusi-industri-4-0-
harus-diikuti-penguatan-pendidikan-karakter/
Ernawati, Y. (2018). Membangun Karakter melalui Pembelajaran Sastra: Problematika
Pembinaan Karakter. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi Universitas Bina Darma, 11(1).
Hanifa, S., & Dewi, D. A. (2021). Kesadaran Patriotik Di Kalangan Mahasiswa. Jurnal
Pendidikan Indonesia, 2(4), 757–763.
Hasanah. (2013). Implementasi Nilai-Nilai Karakter Inti di Perguruan Tinggi. Jurnal
Pendidikan Karakter, 4(2), 186–195.
Henriksen, D., Richardson, C., & Mehta, R. (2017). Design thinking: A creative approach
to educational problems of practice. Thinking Skills and Creativity, 26, 140–153.
https://doi.org/doi.org/10.1016/j.tsc.2017.10.001
Irma, C. N., & Bagiya. (2021). Aktualisasi Nilai Pendidikan Moral Melalui Pembelajaran
Menulis Puisi bagi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Bahtera - Jurnal Pendidikan
Bahasa Sastra Dan Budaya, 8(2).
Kanzunnudin, M. (2012). Peran Sastra Dalam Pendidikan Karakter. Prosiding Seminar
Nasional Pendidikan: Pendidikan Untuk Kejayaan Bangsa, 195–204. Yogyakarta:
Universitas Sanata Dharma.
Khakiim, U. (2017). Guru sebagai Role Model Individu Berkarakter bagi Peserta Didik
untuk Mendukung Keberhasilan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Karya Ilmiah
Dosen, 3(2), 217–230.
Koesoema, D. (2010). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global (A.
A. Nusantara, Ed.). Jakarta: Grasindo.
Kurniawan, S. (2014). Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Implementasinya Secara
Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, Masyarakat.
Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Kusnohadi. (2019). Tiga Karakter Utama Revolusi Industri 4.0. Retrieved from
lpmpjatim.kemdikbud.go.id website:
https://lpmpjatim.kemdikbud.go.id/site/detailpost/tiga-karakter-utama-revolusiindustri-4-0
Maunah, B. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Kepribadian
Holistik Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, (1).
Pahlevi, I. (2019). Revolusi Industri 4.0 dan Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan. In C.
M. Firdausy, A. Suryana, R. Nugroho, & Y. B. Suhartoko (Eds.), Prosiding Seminar
Nasional Bagian II Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI. Jakarta: Pusat
Penelitian Badan Keahlian DPR RI.
Risdianto, E. (2019). Analisis Pendidikan Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0.
Bengkulu.
Rohmadi, M. (2018). Strategi dan Inovasi dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
di Era Industri 4.0. Pertemuan Ilmiah Bahasa Dan Sastra Indonesia (PIBSI) XL 2018.
Rustandi, A. (2019). Pembelajaran Menulis Puisi Anak Berorientasi Karakter dengan
Menggunakan Model Multisensori pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar (SD) Negeri
Rahayu 01 Kabupaten Bandung. LITERASI: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra
Indonesia Dan Daerah, 9(1).
Suryaman, M. (2017). Sastra, Media Massa, dan Literasi Membaca Siswa Indonesia.
Prosiding Seminar Internasional PIBSI XXXIX. Semarang.
Syahrobani, I. (2021). Urgensi Role Model Guru dalam Pembentukan Siswa Berkarakter
dengan 5M (pp. 1–6). pp. 1–6. Kuningan: Universitas Islam Al-Ihya Kuningan.
Syamsuar, & Reflianto. (2018). Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran Berbasis
Teknologi Informasi di Era Revolusi Industri 4.0. E-Tech : Jurnal Ilmiah Teknologi
Pendidikan, 6(2).
Tjahjani, L., Andahara, C., Evert, C., & Maynanda, I. (2020). Inovasi Menghadapi Revolusi
Industri 4.0 dan Masyarakat 5.0. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Usmar. (2021). PA GMNI Di Tengah Perubahan Arus Generasi. Retrieved from
infokongres.com website: https://infokongres.com/pa-gmni-di-tengah-perubahan-arusgenerasi/
Wahyuni, Dewi. 2021. Meningkatkan Pembelajaran Sastra Melalui Perkembangan Era
Digital. Jurnal Edukasi Kultura, 7(1), 1-10.
Wati, F. Y. L. (2015). Pengembangan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar/Madrasah
Ibtidaiyah. Jurnal Mitra PGMI, 1(1), 97–112.
Wiwita, L. (2019). Pembelajaran Sastra dan Implikasinya terhadap Pendidikan Karakter
Siswa. Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra Dan Budaya, 6(1).
Yogyantoro. (2021). Apresiasi Sastra Lahirkan Profil Pelajar Pancasila. Retrieved from
Poskita website: https://poskita.co/2021/10/06/apresiasi-sastra-lahirkan-profil-pelajarpancasila
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v11i1.5786
Article Metrics
Abstract - 679 PDF - 639Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: linguarima@gmail.com
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.