EVALUASI PEMBELAJARAN DARING KRITIK SASTRA MELALUI LEARNING MANAGEMENT SYSTEM

Intan Sari Ramdhani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran daring pada mata kuliah kritik sastra melalui Learning Management System di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Muhammadiyah Tangerang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah mengumpulkan data, melakukan perekaman data, menganalisis data dan mendeskripsikan hasil penelitian. Objek penelitian ini adalah evaluasi pembelajaran daring melalui Learning Management System. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pembelajaran Kritik Sastra yang dilakukan secara daring ini bermuara pada Learning Management System, 2) Learning Manjement System dapat menjadikan alternatif pembelajaran terbaik dalam situasi pandemi COVID-19, 3) Penggunaan LMS mudah dilaksanakan dalam pembelajaran Kritik Sastra, 4) Mahasiswa dapat mengahasilkan karya sendiri berupa buku antalogi kritik sastra, 5) Tujuan pembelajaran mata kuliah Kritik Sastra tercapai dengan penggunaan Learning Management System, 7) Merangsang sikap kritis dan kreatif mahasiswa untuk dapat mengkritik suatu karya sastra dalam pembelajaran Kritik Sastra, 8) Nilai pembelajaran Kritik Sastra menggunakan Learning Management ement System (LMS) menunjukkan nilai yang baik dan memuaskan, dan 9) Evaluasi pembelajaran yang dilihat melalui taksonomi bloom dapat tercapai dan respon mahasiswa terhadap pembelajaran daring mata kuliah Kritik Sastra menggunakan media pembelajaran Learning Management System (LMS) dikatakan baik. Kata kunci: evaluasi pembelajaran, kritik sastra, LMS

Full Text:

PDF

References


Ambarsari, Rika Yuni.2021. Evaluasi Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Di

Kecamatan Bulukerto Wonogiri. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, ISSN 2356-

eISSN 2356-3451. Vol.8 No.1 (Januari 2021)

Andhi Anugrahana. 2020. Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring

Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan

dan Kebudayaan, Vol. 10 No. 3 : 282-289.

Cahyani, Okik Dwi. 2021. Evaluasi Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Hasil Belajar

Mahasiswa Baru Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan

Magdalena, Ina, dkk.2020. Konsep Dasar Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar di SD

Negeri Bencongan 1. : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial Volume 2, Nomor 1,

April 2020; 87-98

Nuriyah, Nunung.2014. EVALUASI PEMBELAJARAN: Sebuah Kajian Teori. Jurnal

Edueksos Vol III No 1, Januari-Juni 2014

Idrus, L. 2019.Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran. Volume. 9, No. 2 Agustus 2019 PISSN: 2407-8107 E-ISSN: 2685-4538

Satriawan, Sabar, dkk.2019. Studi Deskriptif Pembelajaran Tematik Dalam Membaca Dan

Menulis Permulaan Dengan Menggunakan Metode Struktural Analitik Sentesis

(SAS). JURNAL PEMBELAJARAN DAN PENGAJARAN PENDIDIKAN

DASAR) Vol. 2 No. 2, 2019 P-ISSN : 2654-2870; E-ISSN 2686-5483

Yusuf, Abdul. 2021. Pengertian Kritik Sastra: Struktur, Manfaat dan Contoh.

https://penerbitbuk udeepublish.com/pengertian-kritik-sastra/ (diakses 25 November

Viko.2014. Kritik & Esai Sastra. http://vikochejr.blogspot.com/2014/02/kritik-esaisastra.html. (diakses tanggal 26 November 2021




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v11i1.5788

Article Metrics

Abstract - 826 PDF - 1030

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats