NILAI DIDAKTIS PADA NOVEL GURU AINI KARYA ANDREA HIRATA

Desi Karolina Saragih, Ditaswari Ditaswari

Abstract


Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan keterkaitan nilai didaktis novel Guru Aini dengan dunia Pendidikan. Karya sastra bukan hanya menampilkan bentuk keindahan isinya. Sastra pula bukan hanya menyuguhkan kenikmatan dan kepuasan batin bagi yang membacanya karena setiap makna didalamnya memiliki tujuan dan pesan moral yang ingin disampaikan oleh pengarang lewat karyanya. Sastra mengandung nilai didik. Pada penelitian ini penulis akan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan dalam pada penelitian ini dengan teknik membaca dan dilakukan dengan beberapa tahap yaitu : a. Membaca secara keseluruhan dan berulang-ulang,b. Menggaris bawahi data yang berkenaan dengan nilai-nilai didaktis dalam novel Guru Aini Karya Andrea Hirata., c. Menganalisis dan mengidentifikasi tiap-tiap bagian yang berkenaan dengan nilai didaktisnya., d. Menyimpulkan hasil penelitian tentang nilai-nilai didaktis yang ada pada Novel Guru Aini karya Andrea Hirata. Hasil nilai didaktis dengan dunia pendidikan yaitu tokoh Desi yang suka menolong tanpa pamrih dan saling berbagi baik ilmu, tenaga dan aksinya dapat kita implementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, tokoh Aini yang ingin menguasai matematika dengan kejujuran, kesabaran dan kegigihan. Orang tua dan guru harusnya melihat kemampuan anak dari segala sisi. Namun, dalam dunia pendidikan, kebanyakan seorang murid dilihat hanya dari satu sisi saja, terfokus pada nilai dan angka. Terkadang mereka yang tak bisa matematika dianggap tidak pintar. Ini jelas terjadi dikehidupan, harusnya orang tua dan guru lebih bijak lagi melihat kemampuan anak.

Kata Kunci : Nilai Didaktis, Dunia Pendidikan, Novel


Full Text:

PDF

References


Alwi, H. (2007). KBBI Edisi Tiga. Jakarta: Balai Pustaka

Amalia, N.R. (2010). Analisis Gaya Bahasa dan Nilai-nilai Pendidikan Novel Sang Pemimpi Karya Andrea Hirata (dalam Jaringan). http://amalia.blogspot.com

Arikunto, S. 2019.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka: Rineka Cipta.

Elmubarok, Z. (2020). Membumikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.

Hirata, A. (2020). Guru Aini. Yogyakarta: Bentang Pustaka.

Khaerunisa, Lutfi, S.,F., Liana, M. ( 2021).Nilai Aklak dalam Novel Guru Aini Karya Andrea Hirata. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan SastraVol. 14 No. 1, Januari 2021

Nurgiyantoro, B. (2012). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Nur, C., Andayani, Yant,M. (2018). Analisis Stilistika Novel dari Hari ke Hari Karya Mahbud DJunaidi dan Relevansinya Sebagai Materi Bahan Ajar Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas. BASASTRA Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Volume 6 Nomor 2

Novi, F., N. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Guru Aini Karya Andrea Hirata pada Pembelajaran Sastra Kelas XII di SMA. Prosiding Seminar Literasi V “Literasi Generasi Layar Sentuh”

Repp, C. (2012). What’s Wrong with Didacticism? The British Journal of Aesthetics, Vol 52 No 3 PP 271–285.

Susanto, D. (2016). Pengantar Kajian Sastra. Yogyakarta: CAPS




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v11i2.6619

Article Metrics

Abstract - 543 PDF - 324

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats