AKUISISI FONOLOGI PADA ANAK AUTISME DALAM KONTEKS PERCAKAPAN SEHARI-HARI (KAJIAN PSIKOLINGUISTIK)

Khaeriyah Khaeriyah, Odien Rosidin

Abstract


Bahasa dalam berkomunikasi sehari-hari sangatlah penting sebagai alat interaksi sosial. Dengan berbahasa manusia bisa mengungkapkan pikiran, gagasan, emosi, dan perasaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk pemerolehan fonologi yang dilihat dari bentuk fonetik ujaran anak autisme usia 7 tahun. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif melalui pendekatan studi kasus. Data dalam penelitian ini diperoleh dari seorang anak laki-laki yang berinisial ZF sebagai responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode simak dan metode cakap. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa pemerolehan fonologi pada anak autis usia 7 tahun tergolong lamban karena anak belum mampu mengeluarkan bunyi-bunyi bahasa dengan jelas terutama mengeluarkan fonem di awal kata bahkan akhir kata. Akan tetapi, makna kata yang di ucapkan dapat dimengerti orang lain. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa responden telah mampu menghasilkan beberapa bunyi atau fonem yang ada dalam bahasa Indonesia. Responden juga telah mampu menghasilkan fonem vokal /a/, /i/, /u/, /e/, dan /o/.

Kata Kunci : Percakapan, Fonologi, Autisme, Psikolinguistik


Full Text:

PDF

References


Alduais. A.M.S. (2015). An Account of Phonetics and Phonology as Similar Identical or Different. The International Journal of Indian Psychology, Vol 3 No 1 PP 157-165.

Creswell, J. (2017). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dona, S., dkk. (2020). Gangguan Fonologi Pada Anak Penderita Cerebral Palsy Tingkat Intelejensi Sedang Studi Kasus D.S.N. Jurnal LINGUISTIK : Bahasa & Sastra. Vol 5 No 1 PP 200-209.

Ginanjar, A. S. 2007. Memahami Spektrum Autistik Secara Holistik. Disertasi. Program Pasca Sarjana Fakkultas Psikologi UI.

Harpiyanti, H. (2018). Pemerolehan Fonologi Anak Usia 3 Tahun (Fatia Husna). Prosiding Seminar Nasional Linguistik VI, 161-167. Banjarmasin: STKIP PGRI Banjarmasin.

Johson, C. E., & Wilson, I. L. (2002). Phonetic evidence for earlylanguag Differentiation: Research issues and some preliminary data. The International Journal of Bilingualism,Vol 6 No 3 PP 271-289.

Ladd, D. R. (2011). Phonetics in Phonology.Wiley-Blackwell,,Chichester.

Simanjuntak, M., 2017. Pemerolehan Bahasa Anak (Kajian Mean Length Of Utterance ‘MLU’ Luzca Fortunata Roito Situmorang (Anak Usia Satu Tahun Sebelas Bulan). Jurnal Edukasi Kultura., Vol 4 No 1 PP 1-11.

Susi, F.Y., dan Gani, A. E. (2020). Disinkronisasi Perkembangan Bahasa dan Penanganannya pada Anak Autis (Studi Kasus pada Imam Fikri Akbar). BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya. Vol 4 No 2, PP 282-290.

Syamsiyah, N. 2017. Pemerolehan Bahasa Pada Anak Usia 2-3 Tahun Sebagai Alternatif Untuk Mendongkrak Kecerdasan Bahasa Melalui Kegiatan Mendongeng. HARKAT, Vol 13 No 1 PP 82-97




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v11i2.6623

Article Metrics

Abstract - 1169 PDF - 1336

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats