KESULITAN SISWA TK AL-AFLAH DALAM MEMBACA PERMULAAN TERKAIT MEDIA FLIPCHART DAN FLASHCARD

Rahmawati Rahmawati, Anggun Citra Dini Dwi Puspitasari, Theresia Evy Yulianty Nadaek

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu kesulitan siswa TK AL-AFLAH dalam membaca permulaan terkait media pembelajaran flipchart dan flashcard. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yaitu dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah adalah siswa TK ALAFLAH, dengan jumlah responden yang terkumpul sebanyak 20 siswa. Pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan survey dengan instrumen angket tertutup dan angket terbuka. Analisis data menggunakan statistik deskriftif, pada tahapan analisis data, peneliti mengumpulkan data dengan Google Form, tabulasi data, penyajian data, interprestasi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa intensitas membaca siswa TK AL-AFLAH masih tergolong rendah, motivasi siswa TK AL-AFLAH dalam membaca dapat dikategorikan masih kurang, para siswa TK AL-AFLAH masih memiliki waktu luang untuk membaca, tingkat pemahaman siswa TK AL-AFLAH terhadap konsep membaca permulaan dengan media pembelajaran flipchart dan flashcard sangat rendah, serta intensitas siswa dalam mengikuti pelatihan membaca permulaan dengan media pembelajaran flipchart dan flashcard masih sangat rendah. Terdapat tiga faktor utama yang menghambat siswa TK AL-AFLAH dalam membaca, yaitu kurangnya pemahaman tentang konsep membaca, kurangnya motivasi, dan rendahnya intensitas membaca.

Kata kunci: Membaca Permulaan, Media Pembelajaran, flipchart, dan flashcard


Full Text:

PDF

References


Andarini, T. (2012). Pembelajaran Biologi Menggunakan Pendekatan Ctl (Contextual Teaching And Learning) Melalui Media Flipchart Dan Video Ditinjau Dari Kemampuan Verbal Dan Gaya Belajar. Digilib Uns, 53(9), 1689–1699.

Hotimah, E. (2017). Penggunaan Media Flashcard dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Kelas II MI Ar-Rochman Samarang Garut. Jurnal

Pendidikan UNIGA, Vol 4 No 1 PP 10-18.

Koilmo, E. B. A., Mbuik, H. B., & Nitte, Y. M. (2020). Analisis Penggunaan Media Flash Card dalam Meningkatkan Motivasi Membaca Permulaan Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Inpres Bertingkat Oebobo 2 Kupang. Jurnal Mahasiswa

Pendidikan Dasar, Vol 2 No 2 PP 101–110.

Krismanto, W., Halik, A., & Sayidiman, S. (2015). Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (Sq3R) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 46 Parepare. Publikasi Pendidikan, Vol 5 No 3

Maimunah, M. (2016). Metode Penggunaan Media Pembelajaran. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban, Vol 5 No 1

Sitanaya, R. I. (2019). Efektivitas Flip Chart dan Media Audiovisual terhadap Peningkatan Pengetahuan Siswa SD Negeri Katangka tentang Karies Gigi. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada. Vol10 No 2 PP 63–68

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan. Vol 2 No 2




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v11i2.6632

Article Metrics

Abstract - 304 PDF - 248

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats