TRANSITIVITAS TEKS PIDATO PRESIDEN RI JOKO WIDODO TENTANG PELONGGARAN PENGGUNAAN MASKER

Selviana Putri, Gusnawaty Gusnawaty, Tadjuddin Maknun, Asriani Abbas

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menguraikan transitivitas dalam teks pidato Presiden RI Joko Widodo dengan menggunakan pendekatan Systemic Functional Linguistics (SFL). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan System-Theoretic Functional Linguistics (SFL) dengan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan berupa pidato Presiden RI Joko Widodo tentang pelonggaran masker. Cara pengumpulan data dalam analisis ini adalah dengan menggunakan teknik menyimak dan mencatat. Penerapan metode menyimak adalah menyimak dengan membaca teks pidato. Kemudian Teknik catat yaitu melakukan pencatatan klausa-klausa pada pidato sebelum melakukan analisis setelah itu penulis akan mengklasifikasikan kedalam transivitas yaitu proses dan sirkumstan. Hasil penelitian ini, terdapat 11 klausa terdapat tiga jenis proses pada pidato Presiden RI Joko Widodo yaitu proses material, proses verbal, dan proses behavioral. Proses material memiliki kedudukan tinggi dalam pidatonya daripada proses-proses yang lain karena Presiden RI Joko Widodo lebh cenderung memberikan informasi mengenai pelonggaran masker yang akan diwujudkan dalam aktivitas nyata kepada masyarakat. Sirkumstan yang ditemukan pada pidato Presiden RI Joko Widodo sebanyak lima yaitu sirkumstan sebab, sirkumstan lingkungan, sirkumstan masalah, sirkumstan peran, dan sirkumsan lokasi. Sirkumstan sebab memiliki kedudukan tertinggi dalam pidato Presiden RI Joko Widodo dibandingkan sirkumstan lainnya karena Presiden RI Joko Widodo lebih mementingkan tujuan yang ingin dicapai yakni agar masyarakat dapat merealisasikan informasi yang disampaikan.

Kata kunci: Transitivitas, Teks Pidato, Presiden RI


Full Text:

PDF

References


Armando, J. (2017). Transitivitas dan Konteks Situasi Teks Bacaan Buku Bahasa Inggris Kelas X. Tesis Magister, Universitas Sumatra Utara, Medan.

Bungin, B. (2007). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Halliday, M.A.K. (1985). An Introduction to Functional Grammar. London: Edward Arnold.

______________. (1994). Language as Social Semiotic: The Social Interpretation of language and Meaning. London: Edward Arnold ltd.

______________. & Christian M.I.M M. (2004). An Introduction to Functional Grammar. London: Arnold.

Humas. (2022). Pernyataan Pers Presiden RI terkait Pelonggaran Penggunaan Masker, Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat, 17 Mei 2022. https://setkab.go.id/pernyataan-pers-presiden-ri-terkait-pelonggaranpenggunaan-masker-istana-kepresidenan-bogor-provinsi-jawa-barat-17-mei2022/.

Muksin. (2016). Kajian Transitivitas Teks Terjemahan Takepan Serat Menak Yunan dan Kontribusinya terhadap Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks di SMP: Analisis Berdasarkan Linguistik Fungsional Sistemik. Jurnal Ilmu Bahasa, Vol. 2, No. 2.

Teguh, M.P. (2019). Kajian Linguistik Fungsional Sistemik (LFS) Dalam Teks Rjmd Kabupaten Tegal Tahun 2014 – 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v11i2.6643

Article Metrics

Abstract - 753 PDF - 507

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats