REPRESENTASI PENGARANG DAN AJARAN TAMANSISWA DALAM NOVEL IBUK KARYA IWAN SETYAWAN

Siti Rochmiyati, Widowati Widowati, Desy Rufaidah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan representasi pengarang dan ajaran Tamansiswa yang terdapat dalam novel Ibuk. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan pendekatan sosiologi sastra. Penelitian sosiologi sastra ini difokuskan pada sosiologi pengarang. Data berupa frasa, kalimat yang memuat aspek sosiologi pengarang dan ajaran Tamansiswa, bersumber dari novel Ibuk karya Iwan Setyawan. Data dianalisis dengan analisis interaktif. Hasil analisis menunjukkan bahwa novel Ibuk, tidak lepas dari latar belakang pengarang meliputi latar belakang sosial budaya, status sosial, pendidikan, pekerjaan, dan riwayat kepengarangan. Dalam novel Ibuk memuat ajaran kehidupan berdasarkan ajaran Tamansiswa yang meliputi tripantangan, trisentra pendidikan, trijuang, trikon, dan tri-N. Pada novel Ibuk tripantangan meliputi pantangan menyalahgunakan kekuasaan, keuangan, dan kesusilaan. Trisentra pendidikan mencakup keluarga, sekolah, dan masyarakat. Trijuang meliputi perjuangan untuk membrantas kebodohan, kemiskinan, dan ketertinggalan, sedangkan trikon mencakup konsentris dan konvergen. Tri-N dalam novel meliputi niteni, nirokke, dan nambahi.

Kata kunci: Representasi pengarang, ajaran Tamansiswa, Novel


Full Text:

PDF

References


Abrori, Y. B. (2020). Kajian Sosiologi Pengarang terhadap Novel Perempuan Bersampur Merah Karya Intan Andaru. E-Prosiding Seminar Nasional Pekan Chairil Anwar: Humaniora Dan Era Disrupsi, 234–254.

https://jurnal.unej.ac.id/index.php/prosiding/article/view/19988/8739

Aisyah, T., Wahyuni, R., & Wikanengsih. (2019). Analisis Novel Saman Karya Ayu Utami: Tinjauan Sosiologi Sastra. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 291–298.

Boentarsono, D., Suharto, Iswanto, Masidi, & Widodo. (2012). Tamansiswa Badan Perjuangan Kebudayaan dan Pembangunan Masyarakat. Perguruan Tamansiswa Yogyakarta.

Dewantara, K. H. (1977). Karya Ki Hadjar Dewantara Bagian Pertama: Pendidikan. Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa.

Endraswara, S. (2011). Metodologi Penelitian Sosiologi Sastra. CAPS.

Kurniawan, H. (2012). Teori, Metode, dan Aplikasi Sosiologi Sastra. Graha Ilmu.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. H. (2009). Analisis Data Kualitatif. UI-Press.Noor, R. (2005). Pengantar Pengkajian Sastra. Fasindo.

Raharjo, Y. M., Waluyo, H. J., & Saddhono, K. (2017). Kajian Sosiologi Sastra dan Pendidikan Karakter dalam Novel Nun pada Sebuah Cermin Karya Afifah serta Relevansinya dengan Materi Ajar di SMA. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 16–26.

Ratna, N. K. (2013). Paradigma Sosiologi Sastra. Pustaka Pelajar.

Wellek, R., & Warren, A. (2014). Teori Kesusastraan. PT Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v11i2.6646

Article Metrics

Abstract - 348 PDF - 287

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats