REPRESENTASI PENGARANG DAN AJARAN TAMANSISWA DALAM NOVEL IBUK KARYA IWAN SETYAWAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan representasi pengarang dan ajaran Tamansiswa yang terdapat dalam novel Ibuk. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan pendekatan sosiologi sastra. Penelitian sosiologi sastra ini difokuskan pada sosiologi pengarang. Data berupa frasa, kalimat yang memuat aspek sosiologi pengarang dan ajaran Tamansiswa, bersumber dari novel Ibuk karya Iwan Setyawan. Data dianalisis dengan analisis interaktif. Hasil analisis menunjukkan bahwa novel Ibuk, tidak lepas dari latar belakang pengarang meliputi latar belakang sosial budaya, status sosial, pendidikan, pekerjaan, dan riwayat kepengarangan. Dalam novel Ibuk memuat ajaran kehidupan berdasarkan ajaran Tamansiswa yang meliputi tripantangan, trisentra pendidikan, trijuang, trikon, dan tri-N. Pada novel Ibuk tripantangan meliputi pantangan menyalahgunakan kekuasaan, keuangan, dan kesusilaan. Trisentra pendidikan mencakup keluarga, sekolah, dan masyarakat. Trijuang meliputi perjuangan untuk membrantas kebodohan, kemiskinan, dan ketertinggalan, sedangkan trikon mencakup konsentris dan konvergen. Tri-N dalam novel meliputi niteni, nirokke, dan nambahi.
Kata kunci: Representasi pengarang, ajaran Tamansiswa, Novel
Full Text:
PDFReferences
Abrori, Y. B. (2020). Kajian Sosiologi Pengarang terhadap Novel Perempuan Bersampur Merah Karya Intan Andaru. E-Prosiding Seminar Nasional Pekan Chairil Anwar: Humaniora Dan Era Disrupsi, 234–254.
https://jurnal.unej.ac.id/index.php/prosiding/article/view/19988/8739
Aisyah, T., Wahyuni, R., & Wikanengsih. (2019). Analisis Novel Saman Karya Ayu Utami: Tinjauan Sosiologi Sastra. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 291–298.
Boentarsono, D., Suharto, Iswanto, Masidi, & Widodo. (2012). Tamansiswa Badan Perjuangan Kebudayaan dan Pembangunan Masyarakat. Perguruan Tamansiswa Yogyakarta.
Dewantara, K. H. (1977). Karya Ki Hadjar Dewantara Bagian Pertama: Pendidikan. Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa.
Endraswara, S. (2011). Metodologi Penelitian Sosiologi Sastra. CAPS.
Kurniawan, H. (2012). Teori, Metode, dan Aplikasi Sosiologi Sastra. Graha Ilmu.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. H. (2009). Analisis Data Kualitatif. UI-Press.Noor, R. (2005). Pengantar Pengkajian Sastra. Fasindo.
Raharjo, Y. M., Waluyo, H. J., & Saddhono, K. (2017). Kajian Sosiologi Sastra dan Pendidikan Karakter dalam Novel Nun pada Sebuah Cermin Karya Afifah serta Relevansinya dengan Materi Ajar di SMA. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 16–26.
Ratna, N. K. (2013). Paradigma Sosiologi Sastra. Pustaka Pelajar.
Wellek, R., & Warren, A. (2014). Teori Kesusastraan. PT Gramedia.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v11i2.6646
Article Metrics
Abstract - 314 PDF - 244Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: linguarima@gmail.com
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.