EFEKTIVITAS PENGEMBANGAN MEDIA AUDIOVISUAL POWTOON DALAM PEMBELAJARAN MENULIS DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Siti Rochmiyati, Desy Rufaidah, Mukhlish Mukhlish, Dita Surwanti, Linda Septi Widiani Sari, Sri Mulyati Umasugi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan hasil validasi dan keefektifan media audiovisual powtoon yang dikembangkan. Penelitian ini berupa penelitian deskriptif kualitatif dengan data hasil belajar menulis teks laporan hasil observasi di SMK Diponegoro Depok dan anekdot di SMKN 6 Kepulauan Sula dengan media powtoon sebagai data primer. Data diperoleh dengan tes dan dokumentasi. Data dianalisis secara statistik deskriptif. Media yang dikembangkan divalidasi oleh expert dan stakeholder. Dari hasil validasi, diketahui bahwa media audiovisual powtoon pada materi laporan hasil observasi dan anekdot berkategori sangat baik. Berdasarkan hasil ujicoba media audiovisual powtoon pada materi menulis laporan hasil observasi dan anekdot berkategori sangat baik atau sangat efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Menurut hasil validasi ahli media powtoon teks laporan hasil observasi dinyatakan rerata skor 4,2 menurut expert dan 4,4 menurut stakeholder yang berarti sangat baik. Hasil validasi ahli media powtoon teks anekdot dinyatakan rerata skor 4,8 menurut expert dan 5 menurut stakeholder yang berarti sangat baik. Hasil efektivitas media Powtoon laporan hasil observasi Laporan hasil observasi dalam kontrol yaitu 3,1 berkategori sangat baik, uji terbatas yaitu 3,6 berkategori sangat baik, dan uji luas mendapat rerata 3,6 berkategori sangat baik. Sedangkan teks anekdot dalam kontrol yaitu 2,48 berkategori rerata cukup, uji terbatas yaitu 3,2 berkategori baik, dan uji luas mendapat rerata 3,5 berkategori sangat baik.

Kata kunci: media, audiovisual, powtoon, menulis


Full Text:

PDF

References


Ariyanto, R., Kantun, S., & Sukidin, S. (2018). Penggunaan Media Powtoon untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Pelaku-pelaku Ekonomi dalam Sistem Perekonomian Indonesia (Studi Kasus pada Siswa Kelas VIIID SMP Nurul Islam Jember Semester Genap Tahun Pelaj. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 12(1), 122–127.

Asra, A. A., & Talib, J. (2020). Pemanfaatn Powtoon sebagai Media Menulis dalam Pembelajaran Teks Cerita Sejarah. Education and Development, 8(4), 243–249.

Ermawati, Rochmiyati, S., Rufaidah, D., Aprilia, A., & Solehati, A. (2021).

Implementation of Powtoon Media On Students’ Fiction Writing Learning Junior High School. The 3rd International Conference on Technology, Education and Sciences, 19–23.

Fitriyani, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Audiovisual Powtoon tentangKonsep Diri dalam Bimbingan Kelompok untuk Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 6(1), 104–114.

Khoirunisa, A. R., & Kartikasari, R. D. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Core Terhadap Kemampuan Menulis Laporan Hasil Observasi Berbantuan Media Padlet. Bahtera Indonesia, 7(2), 499–508.

Lubis, A. H., & Dasopang, M. D. (2020). Pengembangan Buku Cerita Bergambar BerbasisAugmented Realityuntuk Mengakomodasi Generasi Z. Jurnal Pendidikan,5(6), 780—791.

Rufaidah, D., & Putro, D. B. W. (2019). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Media Digital. In Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya dalam Perspektif Masyarakat 5.0 (pp. 333–342). PBSI UST Yogyakarta dan HISKI Komisariat UST-UTY Bekerja Sama dengan Penerbit Kepel Press.

Sopandi. (2020). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Anekdot melalui Penerapan Strategi Genius Learning. Journal of Education Action Research, 4(4), 422–433.

Wardani, D. R. (2020). Penerapan Model Think Talk Write dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil ObservasiSiswa Kelas X SMK Negeri 1 Sanden. Meretas : Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 202–2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v11i3.7185

Article Metrics

Abstract - 483 PDF - 329

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats