TINDAK TUTUR PERLOKUSI PADA VIDEO BERJUDUL NGOBROLIN KEBOCORAN DATA, GAYA HEDON POLISI, PRO KONTRA BBM NAIK I MUSYAWARAH (TINJAUAN FILSAFAT BAHASA JOHN LANGSHAW AUSTIN)

Ira Anisa Purawinangun, Zuriyati Zuriyati, Saifur Rahman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tindak tutur perlokusi pada video berjudul “Ngobrolin Kebocoran Data, Gaya Hedon Polisi, Pro Kontra BBM Naik I Musyawarah” (Tinjauan Filsafat Bahasa John Langshaw Austin). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripistif kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data berupa video dari kanal Youtube Najwa Shihab dengan judul “Ngobrolin Kebocoran Data, Gaya Hedon Polisi, Pro Kontra BBM Naik I Musyawarah”. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis isi kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik simak dan catat. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat beberapa jenis tindak tutur perlokusi yang terdapat dalam video yang tayang di kanal Youtube Najwa Shihab berjudul Ngobrolin Kebocoran Data, Gaya Hedon Polisi, Pro Kontra BBM Naik I Musyawarah. Pada analisis yang telah dilakukan ditemukan 7 jenis tindak tutur perlokusi diantaranya yaitu, 1) membujuk, 2) menipu, 3) mendorong, 4) membuat jengkel, 5) menyenangkan, 6) melegakan, dan 7) menarik perhatian

Kata Kunci: Tindak Tutur Perlokusi, Filsafat Bahasa


Full Text:

PDF

References


Fatihah, C. A. & Utomo, A. P.Y. (2020). Analisis Tindak Tutur Perlokusi Dalam Konpers Presiden Soal Covid-19 Pada Saluran Youtube CNN Indonesia. Jurnal Metamorfosis: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya. Vol 13 (1). ISSN: 1978-9842.

Guntara, R. (2016). Perlocutionary Act dalam Percakapan Film Furious 7 Kajian Pragmatik. Doctoral Dissertation. Universitas Widyatama.

Haryani, F. & Utomo, A. P. Y. (2020). Tindak Tutur Perlokusi dalam Dialog Film “The Teacher’s Diarry” dengan Subtittle Bahasa Indonesia. Jurnal: Skripta. Vol 6 (2).

Insani, E. N. & Sabardila, A. (2016). Tindak Tutur Perlokusi Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas XXI SMK Negeri 1 Sawit Boyolali. Jurnal Penelitian Humaniora. Vol 17 (2).

Moleong, L. J. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muliana, S. (2015). Tindak Tutur Ekspresif Pada Film “Mimpi Sejuta Dolar” Karya Albertheine Endah. Prosiding Seminar Nasional PRASASTI II: Kajian Pragmatik dalam Berbagai Bidang. DOI: https://doi.org/10.20961/pras.v0i.0

Musafir, U.S. (2015). Analisis Tindak Tutur Perlokusi pada Kumpulan Cerpen “Bibit” karya Bakdi Soemanto. Jurnal Kreatif. Vol 18 (1). http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Kreatif/artiecle/view/4324.

Pratiwi, P.S., Murtadho, F. & Chan, S.M. (2015). Ilokusi dan Perlokusi dalam Tayangan Indonesia Lawak Klub. Artkhais – Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol 7 (2). https://doi.org/10.21009/arkhais.072.08

Puspita Nagara, A.N.G.G.R.E.K & Wedawati, T. (2020). Tindak Tutur Perlokusi dan Prinsip Kerja Sama dalam Drama Meteor Garden 《 流星花园》 2018 episode 1-10 Karya Lin Helong. Mandarin Unesa, 2(2).

Sendilatta, E.C. (2013). Analisis Tindak Tutur pada Film “Garuda di Daadaku” Karya Ifa Ifansyah. Jurnal Artikulasi. Vol 7 (1).




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v11i3.7205

Article Metrics

Abstract - 437 PDF - 310

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats