PERKEMBANGAN KURIKULUM SEKOLAH DASAR DI INDONESIA DAN PERBEDAAN DENGAN KURIKULUM DI BEBERAPA NEGARA
Abstract
Pendidikan merupakan hal yang penting baik di negara maju maupun negara berkembang. Bagi negara maju, pendidikan digunakan sebagai upaya untuk terus meningkatkan kualitas hidup warganya. Sedangkan bagi negara berkembang, pendidikan dilakukan sebagai upaya untuk mengejar ketertinggalan mereka di kancah internasional agar dapat sejajar dengan negara maju. Dari sini kita tahu bahwa kurikulum bagi suatu bangsa sangatlah penting, bahkan kurikulum itu sendiri dianggap sebagai ukuran berhasil tidaknya suatu pembelajaran, seperti yang kita ketahui bahwa kurikulum di suatu negara adalah kurikulum Indonesia, Finlandia, Singapura, Malaysia, Kamboja, Thailand, Brunei Darussalam, Filiina, Laos. Metode penelitian ini yaitu menggunakan metode Pustaka. Penelitian ini mengkaji berbagai sumber kepustakaan berkaitan dengan kurikulum di berbagai negara. Setelah kemerdekaan, kurikulum pendidikan nasional mengalami perubahan, yaitu pada tahun 1947, 1952, 1964, 1968, 1975, 1984, 1994, 2004, 2006, 2013 dan 2020, 2022. Hal yang dapat kita temukan dalam perubahan kurikulum sebagai rumusan kurikulum pendidikan terbaik di Indonesia yaitu kurikulum pendidikan Indonesia harus menekankan pada pembentukan karakter manusia Indonesia seutuhnya yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kurikulum di Indonesia dan dibeberapa negara memiliki perbedaan, namun perbedaan tersebut merupakan upaya dalam meningkatkan kualitas pendidikan di masing-masing negara.
Kata Kunci: Kurikulum, Berbagai Negara, Sekolah Dasar
Full Text:
PDFReferences
Ayuhana, M. M. (2015). Perkembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar di Indonesia (Analisis Tujuan dan Materi Ajar Kurikulum 1994, 2004, 2006, 2013). Jurnal Tarbawi. Vol 12 No 2 PP 169-184
Diana. (2017). Kurikulum Negara Laos. http://dianadiana95.blogspot.com/2017/03/kurikulum-negara-laos-tugas.html?%20m=1
Drajatugikpchy. (2013. Sistem Pendidikan di Thailand. https://www.kaskus.co.id/thread/5170bd6c1ad719c41f00000e/sistem-pendidikan-di-thailand
Insani, F. D. (2019). Sejarah Perkembangan Kurikulum di Indonesia Sejak Awal Kemerdekaan Hingga Saat Ini. Jurnal As-Salam. Vol 8 No 1 PP 43-64.
Khoirurrijal, dkk. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v11i3.7271
Article Metrics
Abstract - 5478 PDF - 10306Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: linguarima@gmail.com
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.