ANALISIS NILAI MORAL DALAM CERPEN JIMAT TERKUTUK KARYA CHAERUL SABARA

Yovitan Maulidyarsih, Imam Muhtarom, Sahlan Mujtaba

Abstract


Penelitian ini dibuat dengan latar belakang banyaknya penyimpangan moral yang terjadi pada siswa remaja karena minimnya kesadaran nilai-nilai moral. Upaya untuk mengurangi penyimpangan moral yang terjadi pada remaja diperlukannya pendidikan moral. Moral dapat disisipkan dalam pembelajaran sastra, sebagaimana fungsi sastra ialah menghaluskan rasa dan budi peserta didik. Kegiatan membaca karya sastra, pembaca akan mengapresiasi sastra dengan menghayati dan menafsirkan isi atau makna dari karya sastra. Pembaca akan tumbuh perasaan terharu, menambah kepekaan, sehingga muncul kesadaran mengenai benar dan salah, baik atau buruk. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan nilai moral dan unsur intrinsik dalam cerpen Jimat Terkutuk karya Chaerul Sabara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif analitis dengan pendekatan pragmatik sastra. Subjek dalam penelitian ini yaitu buku kumpulan cerpen Jimat Terkutuk karya Chaerul Sabara. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah teknik baca dan catat. Hasil analisis nilai moral dalam cerpen Jimat Terkutuk karya Chaerul Sabara terdapat 10 bentuk yakni kejujuran, keadilan, toleransi, kebijaksanaan, disiplin diri, tolong menolong, berbelas kasih, kerja sama, keberanian dan demokrasi.

Kata kunci: analisis, nilai moral, cerpen


Full Text:

PDF

References


Lickona, T. (2021). Pendidikan Karakter, Peran Sekolah, Bantuan dari Rumah dan Tentang Pengertian Karakter Yang Baik. Bandung: Nusa Media.

Moleong, lexy j. (2017). Metode Penelitian Kualittatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurgiyantoro, B. (2019). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada Universitty Press.

Sabara, C. (2020). Antologi Cerpen Jimat Terkutuk. Yogyakarta: Deepublish.

Sanjaya, M. D. (2021). Analisis Nilai Moral dalam Kumpulan Cerpen Keluarga Ku Tak Semurah Rupiah Karya R Ayi Hendrawan Supriadi dan Relevansinya Terhadap

Pembelajaran Sastra di SMA. Jurnal Bindo Sastra, PP. 19-24.

Situmorang, S. (2022). Kajian Struktur, Fungsi Sosial, dan Nilai Kejujuran Dalam Novel Bakri Sang Guru Demonstran Karya Isno El Kayyis. Repository, 13.

Saputri, R. (2020). Nilai-nilai Moral dalam Novel Dua Garis Biru Karya Gina S.Noer. Skripsi, 1-27.

Sugiyono. (2018). Teori Pengkajian Fiksi Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v11i3.7274

Article Metrics

Abstract - 599 PDF - 426

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats