WARNA LOKAL DALAM KUMPULAN CERPEN SALA DEWI KARYA EMIL AMIR

Silvi Sri Rahayu, Een Nurhasanah, Dian Hartati

Abstract


Saat ini arus globalisasi secara nyata mampu menggeser warna lokal di Indonesia. Generasi saat ini, terutama peserta didik cenderung lebih akrab dengan budaya asing dari pada warna lokal atau budaya khas Indonesia. Kumpulan cerpen Sala Dewi karya Emil Amir melukiskan kehidupan masyarakat Indonesia bagian timur dan menjadikan warna lokal sebagai tema yang hendak diangkat pengarang. Warna lokal yang dilukiskan dalam kumpulan cerpen berupa keseharian masyarakat timur yang hidup dalam adat istiadat dan isu sosial masyarakat di tiap daerahnya. Oleh sebab itu, tidak menutup kemungkinan warna lokal daerah akan dilupakan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan warna lokal dalam kumpulan cerpen Sala Dewi karya Emil Amir. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan metode deskriptif dengan menggunakan objek material lima cerpen dalam kumpulan cerpen Sala Dewi karya Emil Amir. Dalam melakukan pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik studi kepustakaan dengan menelaah buku-buku, literatur-literatur, catatan-catatan dan laporan yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Setelah itu, teknik pengumpulan data dilanjutkan dengan teknik simak catat. Teknik analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan pembahasan yang telah dikemukakan, maka kumpulan cerpen Sala Dewi karya Emil Amir memuat lima dimensi warna lokal, yaitu: (1) Pengetahuan lokal, (2) Budaya lokal, (3) Keterampilan lokal, (4) Sumber daya lokal, dan (5) Proses sosial lokal.

Kata Kunci: Warna lokal, kumpulan cerpen


Full Text:

PDF

References


Amir, E. (2020). Sala Dewi.Yogyakarta: Indonesiatera

Ecip, S. S. (1983). Tattoo Burung Elang. Ujung Pandang: Berita Utama.

Nurjanah, K. dkk. (2022). Warna Lokal Mentawai dalam Novel Burung Kayu karya Niduparas Erlang dan Pemanfaatannya sebagai materi ajar. Jurnal Educatio. Vol. 8, No. 1. 164-173.

Renaldi, Rio. (2016). Warna Lokal Minangkabau dan Kesosialan pengarang dalam Kumpulan Cerpen Penari dari Kuraitaji karya Free Hearty. Puitika. Vol. 12, No. 2. 149-159.

Sari, Selvi Rita. (2019). Warna Lokal Bali dalam Novel di Bawah Langit yang Sama Karya Helga RIF. Artikel Penelitian. Pontianak: UNTAN Pontianak

Sibarani, Robert. (2012). KEARIFAN LOKAL: Hakikat, Peran, dan Tradisi Lisan. Jakarta: Asosiasi Tradisi Lisan.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Walidin, Warun, dkk. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Grounded Theory. Banda Aceh: FTK Ar-Raniry Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v11i3.7292

Article Metrics

Abstract - 50 PDF - 39

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats