PENGARUH GANGGUAN BERBAHASA BERBICARA GAGAP DALAM KOMUNIKASI PADA REMAJA 17 TAHUN

Rizki Fahmi, Odien Rosidin

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi dengan menitik beratkan pada bahasa sebagai objek formalnya, titik fokus penelitian ini terdapat pada gangguan berbahasa berbicara gagap dalam komunikasi pada remaja usia 17 tahun. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apa penyebab gangguan berbahasa bicara gagap dan bagaimana psikologi dari mental kepercayaan dirinya yang memiliki gangguan berbahasa bicara gagap. Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif deskriptif dengan memperoleh data melalui metode wawancara kepada remaja yang mengidap gangguan gagap serta mewawancarai keluarga dan teman-teman dari remaja tersebut. Dengan objek penelitian yang berfokus pada komunikasi tuturan oleh seorang remaja laki-laki berusia 17 tahun yang mengalami gangguan berbicara gagap. Hasil dari penelitian ini bahwa gangguan berbicara gagap bisa disebabkan oleh beberapa faktor, diantarnya faktor kondisi suasana saat bicara, faktor genetik, faktor yang disebabkan oleh obat-obatan tertentu yang dikonsumsi secara jangka panjang, dan faktor pada gangguan syaraf yang terlibat dalam kemampuan berbicara (neurogenik). Pengidap gangguan berbicara gagap akan tetap tampil dengan percaya diri apabila adanya dorongan yang positif serta dukungan dari keluarga dan teman sejawatnya yang dapat menerima kondisi dari pengidap gangguan berbicara gagap, sehingga mentalnya terjaga tetap sehat, dapat terus bersosialisasi, bermasyarakat, bergaul dengan temannya tanpa takut adanya pengucilan. Dengan demikian dimana pun tempat dan kapanpun waktunya remaja yang mengidap gangguan berbicara gagap ini akan tetap tampil apa adanya dengan percaya diri.

Kata kunci: Gangguan Berbicara, Bahasa, Gagap.


Full Text:

PDF

References


Ariyana. (2019). Pengenalan Ragam Bahasa Melalui Gambar Pada Anak Usia Dini.Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol.8 No.2 Juli 2019.

Daulay, I. K., Banjarnahor, E. dan Tarigan, T. (2021). Pengaruh Gangguan Berbahasa Berbicara Gagap dalam komunikasi pada Wanita Usia 16 Tahun. Jurnal Bahasa Indonesia Prima. Vol 3 No 2 PP 195-206

Moleong, L. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muzaiyanah. (2014). Gangguan Bahasa. Jurnal Wardah. Vol 15 No 1 PP 59-66

Tomia, M., Somelok, G., dan Latupeirissa, E. (2020). Gangguan Bebicara (gagap) pada Siswa SLB Negeri Batu Merah Kecamatan Sirimau Kota Ambon. Jurnal Mirlam. Vol 1 No 3 PP 325-334




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v11i3.7294

Article Metrics

Abstract - 160 PDF - 113

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats