MUATAN LEVEL KOGNITIF DALAM SOAL PENUGASAN MATA KULIAH UMUM BAHASA INDONESIA DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG

Winda Dwi Hudhana, Hera Septriana

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui soal penugasan dalam Mata Kuliah Umum (MKU) Bahasa Indonesia berdasarkan ranah kognitif taksonomi Bloom. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian yaitu naskah soal penugasan dalam mata kuliah MKU Bahasa Indonesia di prodi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Tangerang. Data dalam penelitian ini yaitu butir soal soal penugasan dalam mata kuliah MKU Bahasa Indonesia di prodi Pendidikan Matematika. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian yaitu menentukan ranah kognitif taksonomi Bloom yang terdapat dalam Capaian pembelajaran mata kuliah (CPMK) antara lain mengingat (C1), memahami (C2), menerapkan (C3), menganalisis (C4), mengevaluasi (C5) dan mencipta (C6). Pada CPMK pertama, yaitu menghasilkan karya tulis ilmiah yaitu memahami (C2), menerapkan (C3), dan menciptakan (C6). Kedua, menghasilkan karya tulis ilmiah populer, memahami (C2), menerapkan (C3), dan menciptakan (C6). Ketiga, menerapkan dan memahami PUEBI pengetahuan (C1), memahami (C2), menerapkan (C3), dan menganalisi (C4), mengevaluasi (C5) dan mencipta (C6). Keempat, memahami kaidah kebahasaan, memahami (C2), menerapkan (C3), dan menganalisi (C4), mengevaluasi (C5) dan mencipta (C6). Kelima, memahami teknik menulis skripsi memahami (C2), menerapkan (C3), dan memahami (C4).

Kata Kunci: Kogntif, Soal Penugasan, Bahasa Indonesia


Full Text:

PDF

References


Amelia, D., Susanto, dan Fatahillah, A. (2015). Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Himpunan Berdasarkan Ranah Kognitif Taksonomi Bloom Kelas VII-A di SMPN 14 Jember. Jurnal Edukasi UNEJ. Vol 2 No 1 PP 1-4

Ananda, R. dan Fadholaturrahmi. (2017). Evaluasi Pembelajaran IPS Berbasis Taksonomi Bloom Dua Dimensi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Vol 1 No 2 PP 12-21

Aulia, R. N., Rahmawati, R., dan Permana, D. (2020). Peranan Penting Evaluasi Pembelajaran Bahasa di Sekolah Dasar. Jurna; Belaindika. Vol 1 No 1 PP 1-9

Chairawati, F (2014). Evaluasi Pembelajaran di Kelas Internasional Fakultas Dakwah IAIN Ar-Raniry. Jurnal Al-Bayan Vol 20 No 29 PP 15-32

Choiroh, M. (2021). Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Media E-learning. Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab. Vol 3 No 1 PP 41-47

Fatmawati, S. (2013). Perumusan Tujuan Pembelajaran Dan Soal Kognitif Berorientasi Pada Revisi Taksonomi Bloom dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Edusains. Vol 1 No 2

Gunawan, I. dan Palupi, A. R. (2012). Taksonomi Bloom Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Penilaian. Jurnal Educandum. Vol 2 No 2

Karumpa, A., dkk (2016). The Development of Integrative Assessment Model for the Subject of Bahasa Indonesia in Senior High School Students. Journal of Language Teaching and Research. Vol 7 No 3 PP 476-483

Mujib, N. R., Toenlioe, A. J. E dan Praherdhiono, H. (2018). Analisis Butri Soal Ujian Nasional IPA SD/MI Tahun 2015 sampai dengan 2017 Berdasarkan Taksonomi Bloom. JKTP. Vol 1 No 2 PP 149-157

Ngafifah, S. (2020). Penggunaan Google Form dalam Meningkatkan Efektivitas Evaluasi Pembelajaran Daring Siswa pada Masa Covid19 di SD IT Baitul Muslim Way Jepara. Jurnal As-Salam Vol 9 No 2 PP 123-144

Oktaviana, D. dan Prihatin, I. (2018). Analisis Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perbandingan Berdasarkan Ranah Kognitif Revisi Taksonomi Bloom. Buana Matematika. Vol 8 No 2 PP 81-88

Pasi, S. N. dan Yusrizal. (2018). Analisis Butir Soal Ujian Bahasa Indonesia Buatan Guru MTSN di Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Master Bahasa. Vol 6 No 2 PP 195-20




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v11i3.7295

Article Metrics

Abstract - 319 PDF - 306

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats