Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa pada Kurikulum Merdeka
Abstract
Keterampilan dasar mengajar merupakan suatu kegiatan yang harus dimiliki bagi mahasiswa calon guru. Kurikulum merdeka yang digunakan pada pembelajaran di sekolah dapat menciptkan kreativitas peserta didik dan pendidik. Implementasi kurikulum merdeka pada keterampilan dasar mengajar mahasiswa PBSI UMT dapat mengelompokan kemampuan sesuai taksonomi Bloom yatu, mengingat, memahami, mengaplikasi, menganalisi, mengevaluasi dan mencipta. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan. Data penelitian ini yaitu data sekunder, yaitu jurnal, website, dan buku-buku yang berkaitan dengan keterampilan dasar mengajar. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui catatan penelitian yang dipublikasikan dan tidak dipublikasikan. Analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi kurikulum merdeka pada keterampilan dasar mengajar mahasiswa PBSI UMT adalah, (1) mengembangkan keterampilan dasar mengajar yaitu, (a) keterampilan dasar membuka dan menutup, (b) keterampilan dasar menjelaskan, (c) keterampilan dasar variasi mengajar, (d) keterampilan dasar memberi penguatan, (e) keterampilan dasar bertanya, (f) keterampilan dasar mengelola kelas, (g) keterampilan dasar mengajar kelompok kecil (h) keterampilan dasar membiming diskusi kelompok kecil. (2) Memberikan merdeka belajar pada pendidik dan peserta didik. (3) Memotivasi minat peserta didik.
Kata Kunci : kurikulum merdeka, keterampilan dasar mengajar.
Full Text:
PDFReferences
Helmiati. (2013). Microteaching Melatih Keterampilan Dasar Mengajar. In Aswaja Pressindo (Vol. 4, No 1).
Inayati, U. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad-21 di SD / MI. ICIE, Vol 2(8.5.2017).
Irawati, H. (2020). Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Calon Guru Biologi di Pendidikan Biologi FKIP UAD. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, Vol 9 No 1. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v9i1.41378
Kemenristek. (2022a). Panduan Kriteri Tujuan Pembelajaran. Sekolah Penggerak .
Kemenristek. (2022b). Pembelajaran dan Asesmen. Kemenristek.
Mansyur. (2017). Keterampilan Dasar Mengajar dan Penguasaan Kompetensi Guru (Suatu Proses Pembelajaran Micro). El-Ghiroh, Vol 12 No 1, PP 130–131.
Meleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya. Prasandha, D., & Utomo, A. P. Y. (2022). Evaluasi Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa dalam Program Kampus Mengajar Angkatan 1 Tahun 2021. Jurnal Sastra Indonesia, Vol 11 No 1, PP 48–55. https://doi.org/10.15294/jsi.v11i1.55441
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, Vol 6 No 4, PP 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237
Rizkasari, E., Rahman, I. H., & Aji, P. T. (2022). Penilaian Sejawat pada Mata Kuliah Microteaching sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Dasar Mengajar di Sekolah Dasar. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, Vol 13 No 1 PP 89–95.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v12i1.8125
Article Metrics
Abstract - 775 PDF - 802Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: linguarima@gmail.com
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.