GAYA BAHASA KUMPULAN CERPEN KABUT ASAP KARYA DOSEN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG

Agus Sulaeman, Enawar Enawar

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan gaya bahasa pada antologi cerpen yang dibuat oleh dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) FKIP Universitas Muhammadiyah Tangerang metode yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunkaan metode analisis isi (content analysis). Data penelitian ini berupa kutipsn gaya bahasa kumpulan cerpen Kabut Asap. Teknik analisis data menggunakan Teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian diperoleh sebanyak 14 data berupa kalimat yang menyatakan penggunaan bahasa. Kalimat-kalimat tersebut mencakup beberapa jenis gaya bahasa. Gaya bahasa tersebut diantaranya yaitu, (a) personifikasi berjumlah 1 kalimat, (b) metafora berjumlah 3 kalimat, (c) interferensi berjumlah 3 kalimat, (d) hiperbola berjumlah 2 kalimat, (e) simile berjumlah 2 kalimat, (f) paralelisme berjumlah2 kalimat, dan (g) sarkasme berjumlah 1 kalimat. Gaya bahasa yang digunakan pengarang berfungsi memperkuat penyampaian struktur naratif cerita seperti penggambaran tokoh dan penokohan maupun latar dalam cerita penelitian ini berguna dan bermanfaat untuk menambah khasanah keilmuan sastra, penambahan Ppustaka dan kajian tentang sastra Indonesia.

Kata kunci: gaya bahasa, kumpulan cerpen


Full Text:

PDF

References


Djojosuropo. Kinayati. 2020. Analisis Teks Sastra dan Pengajarannya. Pustaka : Jakarta.

Komariah, A., Satori, D. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta : Bandung.

Masruchin, Ulin Nuha.2022. Buku Pintar Majas, Pantun dan Puisi. Nauli Media: Depok




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v12i1.8126

Article Metrics

Abstract - 302 PDF - 443

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats