ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEORI DAN APRESIASI SASTRA BAGI MAHASISWA PGSD BERLANDASKAN LITERASI BUDAYA
Abstract
Penelitian bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan bahan ajar teori dan apresiasi sastra bagi mahasiswa PGSD berlandaskan literasi budaya. Deskriptif kualitatif merupakan jenis penelitian yang digunakan peneliti. Sedangkan, mahasiswa PGSD STKIP-PGRI Bandar Lampung merupakan subjek yang digunakan dalam penelitian ini. Terdapat studi pustaka, observasi, wawancara, dan tes sebagai metode pengumpulan data dalam studi. Terdapat empat analisis masalah yang dialami mahasiswa guna memahami materi perkuliahan teori dan apresiasi sastra. Keempat masalah tersebut adalah konsep apresiasi masih belum kuat, pelaksanaan apresiasi sastra masih belum tepat, minimnya literasi sastra, dan minimnya buku aja materi apresiasi sastra. Analisis kebutuhan juga dilakukan peneliti, selain menerapkan analisis masalah. Mahasiswa PGSD STKIP PGRI Bandar Lampung mememiliki tiga kebutuhan. Pertama, buku ajar apresiasi sastra yang mudah dipahami. Kedua, buku ajar apresiasi sastra yang selaras dengan kurikulum terbaru. Ketiga, buku ajar apresiasi sastra yang memuat kearifan lokal dengan latihan yang berlandaskan literasi budaya. Berdasarkan analisis masalah dan kebutuhan tersebut, peneliti akan mengembangkan bahan ajar teori dan apresiasi sastra bagi mahasiswa PGSD STKIP-PGRI Bandar Lampung sebagai tindak lanjut dari penelitian ini.
Kata Kunci: analisis kebutuhan, buku ajar, apresiasi sastra
Full Text:
PDFReferences
Arianto, F., Rifqi Mahardika, D., Aulia Davi, H., & Jakarta, M. (2020). Upaya dalam Menghadapi Tantangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Era. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 12 No. 1 Maret 2023. http://jurnal.umt.ac.id/index.php/lgrm
Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Teori dan Apresiasi Sastra bagi Mahasiswa PGSD Berlandaskan Literasi Budaya 79 Revolusi Industri 4.0. PROSIDING SAMASTA, 0(0).
https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SAMASTA/article/view/7149
Aris, Q. I., Syam, E., & Fauzi, M. (2022). Apresiasi Sastra melalui Media Pop-Up untuk Pembentukan Karakter dan Literasi Budaya. BIDIK: Jurnal Pengabdian Kepada
Masyarakat, 3(1), 23–30. https://doi.org/10.31849/BIDIK.V3I1.10676
Artika, I. W. (2015). Teori dalam Pengajaran Sastra. Prasi: Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajarannya, 10(19). https://doi.org/10.23887/PRASI.V10I19.8850
Dewi, D. W. C. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran Apresiasi Drama Menggunakan CD AMM Interaktif Untuk Siswa SMA. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 1(1). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jere/article/view/103
Endraswara, S., Pendidikan, J., & Daerah, B. (2022). Teori Sastra Terbaru Perspektif Transdisipliner. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 2(2), 122–145. https://doi.org/10.37304/ENGGANG.V3I1.4936
Gumbira, G. (2014). Pembelajaran Mengapresiasi Puisi Pada Siswa Kelas VIII G SMP Negeri 2 Lembang Dengan Menggunakan Teknik Jigsaw. Bahtera Bahasa: Antologi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(5).
https://ejournal.upi.edu/index.php/PSPBSI/article/view/497
Ihsan, M., & Awaluddin, L. (2018). Pengaruh Teknik Peta Konsep dan Minat Membaca Karya Sastra terhadap Kemampuan Menulis Narasi. FONDATIA, 2(1), 87–97.
https://doi.org/10.36088/FONDATIA.V2I1.118
Ilham Fadli, R., Setya Nugraha, A., Permata Raharjo, R., Sulton, A., Hafiidah Sari, R., Bahasa dan Sastra Indonesia FIP, P., Hasyim Asy, U., & Tebuireng Jombang, ari. (2020). Model Pembelajaran Inovatif Guru SMA Abdul Hadi dengan Strategi
Literasi. ABIDUMASY Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.33752/ABIDUMASY.V1I1.649
Latupeirissa, E. (2021). Kemampuan Mengapresiasi Puisi Melalui Desain Media Pembelajaran Audiovisual Sinematisasi Puisi Karya Dewesy Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fkip Unpatti. ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 423–436.
https://doi.org/10.30598/ARBITRERVOL3NO1HLM423-436
Lazuardi, D. R., & Nugroho, D. A. (2019). Mengoptimalkan Kearifan Lokal pada Matakuliah Apresiasi Drama. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 8(2), 78–92. https://doi.org/10.17509/EH.V8I2.5141
Mahayana, M. S. (2008). Apresiasi Sastra Indonesia di Sekolah. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 13(3), 382–393. https://doi.org/10.24090/INSANIA.V13I3.304
Nurpadillah, V. (2017). Wacana Kepemimpinan: Analisis Makna Konotasi Dalam Teks Pidato Perdana Presiden Jokowi (Leadership Work: Consumer Meaning Analysis In Primary Property Text Principle Jokowi). Jalabahasa, 13(1), 83–92.
https://doi.org/10.36567/JALABAHASA.V13I1.43
Purwo, S. (2017). Peran Gerakan Literasi Sekolah dalam Pembelajaran KreatifProduktif di Sekolah Dasar. Karya Ilmiah Dosen, 3(1). https://journal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/kid/article/view/85
Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V6I3.2714
Romansyah, K. (2016). Pedoman Pemilihan dan Penyajian Bahan Ajar Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. LOGIKA Jurnal Ilmiah Lemlit Unswagati Cirebon, 17(2), 59–66. http://jurnal.ugj.ac.id/index.php/logika/article/view/145
Saragih, A. (2019). Pembelajaran Bahasa Berbasis Teks dalam Kurikulum 2013.MEDAN MAKNA: Jurnal Ilmu Kebahasaan Dan Kesastraan, 14(2), 197–214. https://doi.org/10.26499/MM.V14I2.1201
Setyaningsih, N. H., Febriani, M., & Zuliyanti, Z. (2018). Persepsi Dosen dan Mahasiswa terhadap Pembelajaran Apresiasi Sastra Berperspektif Gender. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 6(2), 138–151. https://doi.org/10.30659/J.6.2.138-151
Sumarsih, I. Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248–8258. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V6I5.3216
Suryanto, E. (2017). Pengembangan Materi Ajar Mata Kuliah Apresiasi Drama Melalui Penggalian Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Naskah Drama Panembahan Reso Karya W.S. Rendra. Bahasa Dan Seni: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, Dan Pengajarannya, 44(2), 207–223. https://doi.org/10.17977/UM015V44I22016P207
Wicaksono, A. (2014). Menulis Kreatif Sastra: dan Beberapa Model Pembelajarannya. Garudhawaca.
Wicaksono, A. (2017). Pengkajian Prosa Fiksi . Garudhawaca.
Wiyanto, A. (2002). Terampil bermain drama. Grasindo.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v12i1.8127
Article Metrics
Abstract - 631 PDF - 572Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: linguarima@gmail.com
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.