ASPEK KEBERPIHAKAN PENULISAN PELAKU KRIMINALITAS PADA SURAT KABAR HARIAN REPUBLIKA

Wuri Dian Trisnasari, Bagus Hady Hartanto, Erlina Chamalia Rochmah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan strategi yang digunakan pada penulisan pelaku kriminalitas oleh wartawan surat kabar harian Republika pada artikel-artikel bertema kriminalitas yang dipublikasi melalui edisi daring. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan metode analisis isi sebagai metode utama. Data utama dalam penelitian ini yaitu, kata, klausa, kalimat, dan wacana yang berkaitan dengan teori inclusion dan exclusion Theo Van Leeuwen. Sumber data yang digunakan yaitu surat kabar harian Republika tema kriminalitas edisi daring. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan teknik simak-catat agar peneliti dapat mencatat segala hal yang berkaitan dengan teori inclusion dan eksklusi Theo Van Leeuwen. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini, peneliti menemukan beberapa strategi penulisan pelaku kriminalitas oleh wartawan Republika diantaranya yaitu (1) Kategori Determinasi-Indeterminasi, (2) Kategori Nominasi-Kategorisasi, (3) Kategori Asimilasi-Individualisasi, dan (4) Kategori Nominasi-Identifikasi

Kata kunci: Exclusion, Inclusion, Republika, Surat Kabar


Full Text:

PDF

References


Andheska, H. (2015). Eksklusi dan Inklusi pada Rubrik Metropolitan Harian Kompas: Analisis Wacana Kritis Berdasarkan Sudut Pandang Theo Van Leeuwen. Jurnal: Bahastra Universitas Ahmad Dahlan. Vol 40 (1).

Andre,dkk. (2019). Strategi Pemberitaan di Media Online Nasional Tentang Kasus Tercecernya KTP Elektronik (Analisis Teori Van Leeuwen). Jurnal Lingua: Jurnal Bahasa dan Sastra. ISSN : 1829-9342.

Chaniago, S. (2018). Pengidentifikasian Hiperteks Pada Kompas Online Sebagai Sebuah Genre Multimedia. Aksis:Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2 (1). 4768.doi.org/10.21009/AKSIS.0 20104.

Firmansyah, B. (2018). Dimensi Sosial Dalam Novel Negeri Para Bedebah Karya Tere Liye (Perspektif Analisis Wacana Kritis. Jurnal: Keilmuan Bahasa Kembara.4 (1). 63. Doi: https://doi.org/10.22219/kembara.v4i1.5686.

Jumal, A. (2018). Desain Penelitian Analisis Isi (Content Analysis). Research Gate




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v12i1.8197

Article Metrics

Abstract - 140 PDF - 199

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats