STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS III SDN DURI KEPA 03 JAKARTA BARAT

Nurul Azkiya, Syamsu Ridhuan

Abstract


Penelitian ini di latar belakangi oleh kesulitan membaca permulaan yang terjadi pada siswa kelas III di SDN Duri Kepa 03 Jakarta Barat. Kesulitan membaca permulaan yang dialami oleh siswa diantaranya: kesulitan dalam mengeja, terbata-bata, kesulitan dalam pemenggalan kata, salah dalam menyebutkan huruf, salah dalam menyebutkan kata, dan belum mengenal huruf-huruf abjad dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam mengatasi kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas III di SDN Duri Kepa 03 Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun 4 langkah teknik analisis data penelitian ini, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasanya strategi yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas III di SDN Duri Kepa 03 adalah: 1)  bimbingan belajar, dan 2) memberikan perhatian dan motivasi siswa. Adapun strategi dalam mengajarkan membaca permulaan menggunakan beberapa metode, diantaranya: 1) metode abjad, 2)   metode kartu huruf, 3) metode eja, dan 4) metode dikte. Faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan membaca permulaan terbagi menjadi dua, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Adapun dampak dari permasalahan ini adalah 1) akademik siswa, 2) interaksi sosial siswa, dan 3) psikologi siswa. Berdasarkan hasil dari penerapan strategi yang dilakukan oleh guru terdapat perkembangan dalam kemampuan membaca permulaan siswa.

 Kata kunci: Strategi Guru, Kesulitan Membaca, Membaca Permulaan.


Full Text:

PDF

References


Aprilia, U. I., Fathurohman, & Purbasari. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas I. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 27–233.

Fauziah, H. (2018). Upaya Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Menulis Permulaan Siswa Kelas I MI. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 173.

Hasanah, U., & Panjaitan, C. J. (2018). Meminimalisir Kesulitan Membaca Dengan Metode Reading Aloud Pada Siswa MIN 1 Langsa. Seminar Nasional Royal (SENAR) 2018, 1(1), 547 – 552.

Jannah, N., Fadhila, D., & Enawar. (2022). Strategi Guru Kelas dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Pada Siswa Kelas SDN Sukasari II Kabupaten Tangerang. Jurnal Elementary, 5(1), 6–9.

Juhaeni, Ifain, A., Kurniakova, A. S., Tahmidah, A., Arifah, D. N., Friatnawati, S. F., Safaruddin, & Nurhayati. (2022). Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Membaca pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Journal of Instructional and Development Researches, (3), 126–134.

Kurni, D. K., & Susanto, R. (2018). Pengaruh Keterampilan Manajemen Kelas Terhadap Kualitas Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar Pada Kelas Tinggi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, (1), 39–45.

Maryanti, D., & Syah, E. F. (2021). Nilai-Nilai Religius dalam Film Animasi Nussa dan Rara sebagai Alternatif Media Pembelajaran di SDN. Jurnal Perseda: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(3), 177–186.

Mentari, I., & Rosyid, A. (2021). Pengaruh Strategi Pembelajaran Online Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas IVB Di SDN Cengkareng Timur 05. Jurnal Perseda, IV(2), 113–119.

Nurhasanudin, M. R., & Syah, E. F. (2022). Pengaruh Media Monopoli Pada Karangan Deskripsi Di Kelas V SDN Cikupa 4 Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 1230–1239.

Pangastuti, R., & Hanum, S. F. (2017). Pengenalan Abjad pada Anak Usia Dini Melalui Media Kartu Huruf. Al-Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 1(1), 51–66.

Rachmawaty, M. (2017). Penigkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Dinding Kata (Word Wall). Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Awal, (1), 8–44.

Rafika, N., Kartikasari, M., & Lestari, S. (2020). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, (1), 301–306.

Rohman, Y. A., Rahman, & Damayanti, V. (2022). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas Satu Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5388– 5396.

Rosyid, A., Maratis, J., Alfian, & Wiharto, M. (2022). Pemberdayaan Guru dengan Postural Control dan Critical Learning dalam Pembelajaran Online. Jurnal Ikraith- Abdimas, 5(2), 14–20.

Rosyid, A., & Marwan, R. H. (2018). Upaya Guru Sekolah Dasar Non Kependidikan Dalam Mengembangkan Kompetensi Pedagogik. Jurnal Eduscience, 3(2), 54–60.

Umri, C. A., & Syah, E. F. (2021). Nilai-Nilai Budaya Dalam Cerita Rakyat Baturaden Pada Masyarakat Banyumas Sebagai Alternatif Bahan Ajar Sastra Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, IV(2), 93–100.

Vebryanti, & Syah, E. F. (2021). Tindak Tutur pada Penggunaan Aplikasi Zoom dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Hikari Tangerang Selatan. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, (4), 354–361.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v12i1.8266

Article Metrics

Abstract - 840 PDF - 3073

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats