REPRESENTASI GENDER DALAM PERCAKAPAN VIRTUAL MAHASISWA DAN DOSEN

Nofia Angela, Zainal Rafli, Ifan Iskandar

Abstract


Tujuan penelitian ini mengetahui bentuk gender dalam kaitannya dengan bahasa pada percakapan virtual mahasiswa dan dosen Universitas Mercu Buana. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data pada penelitian ini berupa percakapan virtual mahasiswa dan dosen pada aplikasi whatsapp. Teknik pengambilan data dilakukan dengan teknik baca dan catat. Teknik analisis data dilakukan melalui deskripsi data dengan cara representasi gender menggunakan teori lakoff yang menitikberatkan pada bahasa dalam suatu teks. Hasil penelitian pada mahasiwa laki-laki laki-laki bahasa yang digunakan melalui percakapan virtual aplikasi yaitu minim akan kosa kata atau singkat dalam menyampaikan tujuan, tidak baku, matang, terangan-terangan, apa daya yakin, lugas, tegas. Pada mahasiswa perempuan lebih memiliki ragam kosa kata, baku dalam setiap penyampaian informasi, halus dalam sapaan, sangat berhati-hati dalam menyampaikan tujuan, sopan dan santun saat mengawali dan mengakhiri percakapan.

Kata Kunci : Gender, Percakapan Virtual, Mahasiswa, Dosen


Full Text:

PDF

References


Creswell, J. W. (2014). Reseach Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Pustaka pelajar

Indaryani, E., & Suliworo, D. (2018). Dampak Pemanfaatan Whatsapp dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Fisika. In Seminar Nasional Quantum (Vol. 25).

Lakoff, R. T. (1975). . Language and Woman’s Place. Harper & Row Publisher.

_________. (2004). Language and Woman’s Place (Revised and Expanded Edition). Oxford University Press.

Maltz, D. dan Borker. R. (1982). A Cultural Approach To Male-Female Miscommunication. In J. J. Gumperz (Ed.), Language And Social Identity. Cambridge University Press.

Teluma, A. R. L. (2019). Online Conversation Analysis as The Research Method of Social Media Texts: Rationale, Steps And Example. JCommsci - Journal Of Media and Communication Science, 2(1). https://doi.org/10.29303/jcommsci.v2i1.3




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v12i2.8580

Article Metrics

Abstract - 156 PDF - 146

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats