BUDAYA KONSUMTIF PERSPEKTIF POSTMODERN JEAN BAUDRILLARD DALAM NOVEL FILOSOFI KOPI KARYA DEE LESTARI
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu, mendeskripsikan budaya konsumtif perspektif postmodern Jean Baudrillard dalam novel Filosofi Kopi karya Dee Lestari. Penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data yang digunakan dalam novel ini yaitu penggalan kata, kalimat dan ungkapan berkaitan dengan budaya konsumtif perspektif Jean Baudrillard pada novel Filosofi Kopi karya Dee Lestari. Sumber data penelitian ini yaitu novel dengan judul Filosofi Kopi karya Dee Lestari yang terbit di Gagas Media tahun 2006 dengan jumlah 134 halaman. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik dokumentasi Teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Beberapa judul cerita pendek novel berjudul Filosofi Kopi karya Dee Lestari yang mengandung budaya konsumtif yaitu Filosofi Kopi, Surat yang Tak Pernah Sampai, Selagi Kau Lelap, Sikat Gigi, dan Sepotong Kue Kuning. Hal-hal yang menjadi simbol budaya konsumen dalam cerita pendek tersebut antara lain Kopi, coffe latte, cappuccino, espresso, russian coffe, irish coffe, macchiato, bush kettle, importer mobil, artis cantik, Ben’s perfecto, 50 juta, barista, café, bioskop, restoran, cardigan, sofa, ulang tahun, fitness, kotak music, telepon, BMW, dan kuliah di luar negeri.
Kata Kunci: Budaya Konsumtif, Jean Baudrillard, Novel
Full Text:
PDFReferences
Baudrillard, J. (1998). The Consumer Society: Myths and Structures. London: SAGE Publications
Bakti, I. S., Nirzalin dan Alwi. (2019). Konsumerisme dalam Perspektif Jean
Baudrillard. Jurnal Sosiologi USK. Vol 13 No 2 Hal 146-165
Butler, C. (2002). Postmodernism: A Very Short Introduction.New York. Oxford University Press
Lestari, D. (2006). Filosofi Kopi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Mahyuddin. (2017). Social Climber dan Budaya Pamer: Paradoks Gaya Hidup Masyarakat Kontemporer. Jurnal Kajian Islam Interdisipliner. Vol 2 No 2 Hal 117-135
Ridwan, H., Masrul dan Juhaepa. (2018). Komunikasi Digital pada Perubahan Budaya Masyarakat E-commerce dalam Pendekatan Jean Baudrillard. Jurnal Riset Komunikasi. Vol 1 No 1 Hal 99-108
Sim, S. (2013). Fifty Key Postmodern Thinkers. Canada:Routledg
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v12i2.8640
Article Metrics
Abstract - 351 PDF - 254Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: linguarima@gmail.com
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.