IMPLIKASI MAKNA KLAUSA DALAM BERITA ONLINE DENGAN MATERI PEMBELAJARAN SINTAKSIS BAHASA INDONESIA DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) menelaah makna klausa inti dalam teks berita online edisi Mei 2023 dan (2) mengetahui implikasi teks berita online dengan materi pembelajaran Sintaksis di Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Tangerang. Penelitian ini dilakukan dengan metode padan dan agih. Objek dalam penelitian ini adalah klausa inti yang terdapat dalam artikel berita online edisi Mei 2023. Data penelitian ini berupa kutipan-kutipan yang di dalamnya terkandung makna klausa inti. Sumber data penelitian ini adalah klausa inti yang terdapat dalam artikel berita online edisi Mei 2023. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak dan catat. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam metode padan yaitu dengan teknik lanjutan pilah unsur penentu serta metode agih dengan teknik lanjutan dua bagi unsur langsung. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut. 1). Makna klausa inti dalam teks berita online edisi Mei 2023. 2) implikasi klausa inti dalam teks berita online edisi Mei 2023 dengan materi pembelajaran Sintaksis di Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Tangerang.
Kata kunci: makna klausa, berita, sintaksis
Full Text:
PDFReferences
Fakhrurrazi, F. (2017). Dinamika PendidikanDayah Antara Tradisional dan Modern. At-Tafkir, Vol 10 no 2 PP 100-111.
Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat pembelajaran yang efektif. At-Tafkir, Vol 11 No 1 PP 85-99.
Purwahida, R. (2018). Problematika Pengembangan Modul Pembelajaran Baca Tulis Anak Usia Sekolah Dasar. Aksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2 No
PP 118-134. doi: doi.org/10.21009/AKSIS.020108
Purwahida, R. (2018). Citra Fisik, Psikis, dan Sosial Tokoh Utama Perempuan dalam Novel Hujan dan Teduh Karya Wulan Dewatra. Diglosia: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia, Vol 2 No 2
Purwahida, R. (2019). Teacher's Understanding of Hybrid Learning Design. In Journal International Seminar on Languages, Literature, Arts, and Education (ISLLAE) Vol.
, No. 2, PP 265-267.
Purwahida, R. (2020). Kategorisasi Emosi Tokoh Utama “Nicky” dalam Winter Dreams Karya Maggie Tiojakin: Kajian Psikologi Sastra. Jurnal Bahtera-Jurnal Pendidikan Bahasa Sastra dan Budaya, Vol 7 No 1 PP 920-939.
Sudaryanto. (2015). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.
Suhita, S., dan Purwahida, R. (2018).Apresiasi Sastra Indonesia dan Pembelajarannya.Bandung: Remaja Rosdakarya.
Cnnindoseia.com:https://www.cnnindonesia.com/nasional/20230505064816-20-945510/jalan-rusak-di-lampung-ditambal-batu-koral-jelang-kedatangan-jokowi
Kompas.com.:https://megapolitan.kompas.com/read/2023/05/18/08450011/stasiunkereta-yang- menyiksa?page=
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v12i2.8659
Article Metrics
Abstract - 432 PDF - 254Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: linguarima@gmail.com
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.