PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BIOGRAFI

Seli Tri Lestari, Kamarudin Kamarudin, Nurfadilah Nurfadilah, Herman Budiyono

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Mind mapping dalam kemampuan menulis teks biografi siswa keals X SMA N 8 Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Sumber data pada penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yaitu, uji normalitas data, uji homogenitas data, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t-test, diketahui bahwa nilai sig (2- tailed) hasil post-test sebesar 0.000 lebih kecil dibandingkan nilai taraf signifikansi 0,05. Sehingga hipotesis (Ho) ditolak dan hipotesis (Ha) diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara model pembelajaran mind mapping terhadap kemampuan menulis teks biografi siswa kelas X SMA N 8 Muaro Jambi.

 Kata Kunci: pengaruh, mind mapping, teks biografi


Full Text:

PDF

References


Aprinawati, I. (2018). Penggunaan Model Peta Pikiran (Mind Mapping) untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Wacana Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu vol 2 No 1 PP 140–147.

Sani, R. A. (2015). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sholeh, K. dkk. (2016). Kecerdasan Majemuk Berorientasi pada Partisipasi Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susilowati, D. (2019). Keefektifan Metode Mind Mapping dalam Pembelajaran Menulis Teks Biografi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Vol 8 No 2 PP 136-144




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v12i2.8720

Article Metrics

Abstract - 375 PDF - 229

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats