MEDIA FILM DALAM KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA DI SEKOLAH

Sulthaanika Ferdy Syahwardi, Fareha Rahmatul Zahra, Lia Andriani, Tatu Hilaliyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melakukan meta-analisis peningkatan serta keefektifan pemanfaatan media film dalam meningkatkan keterampilan menulis naskah drama di sekolah. Metode deskriptif kuantitatif sebagai metode penelitian untuk mengetahui keefektifan media film dalam mencapai peningkatan keterampilan menulis naskah drama. Sumber data diperoleh dari 11 artikel yang diakses melalui google scholar tentang pemanfaatan media film sebagai peningkatan keterampilan menulis naskah drama di sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik purposive sampling diterapkan dalam pengambilan sampel dengan asas kesesuaian tema penelitian. Teknik analisis data melalui analisis persentase dan kualitatif berdasarkan ulasan naratif dari studi penelitian yang ditemukan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dari 11 jurnal yang dianalisis, enam jurnal menunjukkan hasil belajar rata-rata 72,43 pada siklus I dan meningkat signifikan menjadi 84,65 pada siklus II setelah memasukkan media film dalam pembelajaran menulis naskah drama di sekolah. Lima jurnal lainnya menunjukkan bahwa penggunaan media film efektif digunakan dalam meningkatkan keterampilan siswa menulis naskah drama di sekolah.

 Kata Kunci : media film, menulis naskah drama


Full Text:

PDF

References


Atiah, A., & Fitriyah, M. (2022). Penggunaan Media Film Pendek dalam Keterampilan Menulis Naskah Drama Kelas XI MA Al-Ittihad Pedaleman Serang. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 11(1), 1-10.

Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. Depok: PT. RajaGrafindo Persada.

Hidayatullah, D. (2022). Meta-Analisis Media Pembelajaran Audiovisual dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis di Sekolah. DIALEKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Matematika, 8(2), 31-40.

Johan, E. P. E., Rustam, R., & Sinaga, A. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Aplikasi Canva Terhadap Hasil Menulis Iklan Poster di SMP Nasional Sariputra Jambi. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 11(2), 137-149.

Kurniati, I., & Hilaliyah, T. (2023). Meta-analisis Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Kemampuan Menulis Puisi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(1), 1-10.

Nuryanto, T. (2017). Apresiasi Drama. Depok : Rajawali Pers.

Tarigan. (2022). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung:Angkasa.

Yusuf. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan.Jakarta: Kencana.

Wulan. (2009). Ayo Menulis Naskah Drama. Jakarta: PT. Mediantara Semesta.

Widiani, L. S., Darmawan, W., & Ma'mur, T. (2018). Penerapan media film sebagai sumber belajar untuk meningkatkan kemampuan mengolah informasi siswa dalam pembelajaran sejarah. Factum: Jurnal Sejarah Dan Pendidikan Sejarah, 7(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v12i2.8722

Article Metrics

Abstract - 414 PDF - 213

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats