MAKNA KEHIDUPAN DALAM LIRIK LAGU PADA ALBUM “MANUSIA” KARYA TULUS: KAJIAN SEMIOTIKA FERDINAN DE SAUSSURE

Syifa Fauziah Anwar, Trie Utari Dewi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna kehidupan dalam lirik lagu pada album “Manusia” karya Tulus dengan menguraikan penanda serta petanda yang terdapat di dalamnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggukan pendekatan semiotika Ferdinand De Saussure. Data dalam penelitian ini yaitu lirik lagu mengandung semiotika dalam album “Manusia” karya Tulus yang mencakup Remedi, Nala, Interaksi, Kelana, Jatuh Suka, Ingkar, Satu Kali, Tujuh Belas, Hati-Hati di Jalan dan Diri. Sumber data penelitian ini yaitu album karya Tulus yaitu “Manusia” yang dirilis 3 Maret 2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kajian kepustakaan dengan penghayatan secara langsung terhadap pemahaman makna yang rasional dengan prosedur membaca lirik lagu, menetukan makna kehidupan menggunakan penanda dan petanda yang terdapat dalam lirik lagu pad album “Manusia” karya Tulus, menulis data yang sudah dianalisis, dan membuat simpulan dari hasil penelitian. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis isi untuk menganalisis makna kehidupan yang terdapat dalam lirik lagu pada album “Manusia” karya Tulus. Hasil dari penelitian ini adalah makna kehidupan, lirik yang menggambarkan tentang pengalaman melalui pekerjaan dan perbuatan, yang terdapat pada lirik lagu “Satu Kali” dan “Tujuh Belas”, pada makna kehidupan yang dialami dari peristiwa berupa perasaan yang dirasakan terdapat pada lirik lagu dengan judul “Nala” dan “Interaksi” sedangan makna kehidupan yang diambil melalui penderitaan yang dijadikan sebagai pembelajaran terdapat pada lirik lagu berjudul “Hati-hati di Jalan” dan “Diri”.

Kata kunci: Lirik Lagu, Makna Kehidupan, Semiotika


Full Text:

PDF

References


Frankl. (2019). Man’s Search for Meaning. 4th ed. eds. Haris Priyatna and Aswita Fitriani. Jakarta Noura Book

Ahsin, M. (2017). Analisis Struktur dan Nilai Konservasi Beberapa Puisi Pada Antologi Puisi Bersiap Menjadi Dongeng. Aksara. Vol 18 No 1

Erlangga, Christopher Yudha, Ichsan Widi Utomo, and Anisti. (2021). Konstruksi Nilai Romantisme dalam Lirik Lagu (Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure Pada Lirik Lagu " Melukis Senja ". Linimasa : Jurnal Ilmu Komunikasi. Vol 4 No 2 PP

–60.

Ginanjar, Dendy, Fajar Kurnia, and Nofianty. (2018). Analisis Struktur Batin Dan Struktur Fisik Pada Puisi ‘Ibu’ Karya D. Zawawi Imron. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) Vol 1 No 5 PP 721–26.

Hidayat, Rahmat. (2014). Analisis Semiotika Makna Motivasi Pada Lirik Lagu ‘Laskar Pelangi’ Karya Nidji. Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 2 No 1 PP 243–58.

Lestari, S, and R Wardiani. (2021). Kajian Stilistika Teks Lagu Dalam Album Untukmu Selamanya Karya Band Ungu. Jurnal Bahasa Vol 8 No 2 PP 106–12.

Marsela, Nindi Riski, Sumiharti Sumiharti, and Uli Wahyuni. (2018). Analisis Citraan Dalam Antologi Puisi Rumah Cinta Karya Penyair Jambi. Aksara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2 No 2 PP 57.

Nugraha, Rahmadya Putra. (2016). Konstruksi Nilai-Nilai Nasionalisme Dalam Lirik Lagu (Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure Pada Lirik Lagu ‘Bendera.Jurnal Ilmu Ekonomi dan Sosial Vol 5 No 3 PP 290–303.

Pribadi, Budi Setia, and Dida Firmansyah. (2019). Analisis Semiotika Pada Puisi ‘Barangkali Karena Bulan’ Karya Ws. Rendra. Parole Vol 2 No 2 PP 269–76.

Salinda, S, M Mursalim, and N A Sari. (2021). Gaya Bahasa Pada Lirik Lagu Banda Neira dalam Album Yang Patah Tumbuh Yang Hilang Berganti (Kajian Stilistika).Ilmu Budaya Vol 5 PP 361–71.

Salsabila, G. (2022). Analisis Semantik Leksikal Pada Lirik Lagu dalam Album ‘Manusia’ Karya Tulus. Salapa. Vol 9 PP 34–40.

Suharsimi, A. (2013). Prosedur Penelitian dan Pendekatan Praktek. Yogyakatya: Rineka Cipta




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v12i2.8847

Article Metrics

Abstract - 1670 PDF - 1139

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats