KESALAHAN KONSTRUKSI SEMANTIS AKIBAT INTERFERENSI BAHASA DAERAH NGADHA PADA MASYARAKAT BAJAWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kesalahan konstruksi semantis akibat interferensi bahasa daerah Ngadha pada masyarakat Bajawa. Kesalahan ini terjadi ketika penutur bahasa Ngadha atau masyarakat Bajawa ketika menggunakan bahasa Indonesia dalam berkomunikasi. Mereka akan secara langsung menerjemahkan konstruksi bahasa daerah tersebut ke dalam bahasa Indonesia dan inilah yang menyebabkan terjadinya kesalahan konstruksi semantis. Tidak ada hubungan makna yang langsung antara bahasa daerah ke dalam bahasa Indonesia. Metode yang dipakai adalah metode deskriptif yang berusaha mendeskripsikan kesalahan konstruksi semantis tersebut. Teknik analisis data berupa mengumpulan data, data direduksi, data disajikan lalu dianalisis. Hasil yang diperoleh ditemukan bahwa ternyata ketika penutur bahasa Ngadha berkomunikasi dalam bahasa Indonesia sering terjadi kesalahan konstruksi semantis akibat menerjemahkan secara langsung konstruksi makna kalimat dari dalam bahasa daerah Ngadha.
Kata kunci : Kesalahan konstruksi semantik, interferensi
Full Text:
PDFReferences
Ardila, R. R., Agustine, A. dan Rosi, (2018). Analisis Tingkat Interferensi Bahasa Indonesia pada Anak Usia 12 Tahun Berdasarkan Perbedaan Latar Belakang Bahasa Kedua Orang Tua. Parole. Vol 1 No 4 PP 651-658
Fauziati, E. (2016). Interferensi Grammatikal Bahasa Indonesia dalam bahasa Inggris: Ksus pada Buku LKS Bahasa Inggris untuk SLTP di Surakarta. Jurnal Penelitian Humaniora. Vol 17 No 2 PP 96-106
Handayani, F. (2020). Building Students ’ Critical Thinking Skills through STEM- Based Digital Literacy during the Pandemic Period Covid 19. Cendekiawan, Vol 2 No 2 PP 69–74.
https://doi.org/https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v2i2.184
Hidayat. (2018). Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Izzuddin Palembang. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan & Pembelajaran, Vol 5 No 2 PP 56–65.
Pitoyo, A. (2017). Interferensi Bahasa Jawa ke dalam Bahasa Indonesia Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Perkuliahan Keprotokolan. Jurnal Pena Indonesia. Vol 3 No 2 PP 185-200
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v12i2.9341
Article Metrics
Abstract - 139 PDF - 138Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: linguarima@gmail.com
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.