ANALISIS WACANA PADA IKLAN BISKUAT VERSI MY BUDDY MENGGUNAKAN PENDEKATAN SEMIOTIKA FERDINAND DE SAUSSURE

Abdul Halim, Yuyun Widiawati, Nani Solihati

Abstract


Perkembangan iklan tidak hanya terjadi dari segi pengambilan gambarnya saja. Namun, dari segi artis, ragam jenis iklannya, hingga penafsiran makna dari iklan yang dilihat oleh masyarakat. Iklan yang baik ialah iklan yang memiliki pesan, yang pesan tersebut dipahami dengan baik oleh penerima. Maksud dan tujuan yang disampaikan di dalam iklan tersebut dipahami oleh masyarakat luas. Penelitian ini bertujuan untuk memperdalam pemahaman tentang pemanfaatan makna tanda (semiotik). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan yang bersifat kualitatif. Telaah yang telah dipakai dalam metode penelitian ini adalah analisis semiotika yang dipelopori oleh Ferdinand De Saussure. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah semiotika De Saussure untuk menganalisis makna pesan dalam iklan Biskuat Versi My Buddy. Adapun tahapan telaah data yang telah dilakukan oleh peneliti, adalah dengan menggunakan cara menafsirkan objek iklan sebagai langkah pertama untuk memaknai iklan. Lalu peneliti melakukan telaah iklan untuk mengamati tiap penggalan iklan. Setelah itu peneliti menggabungkannya dengan petunjuk tambahan penelitian yang telah didapat sebelumnya. Sehingga didapatkan nilai positif dalam produk yang ingin dipublikasikan kepada konsumen melalui iklan tersebut. Hasil penelitian pada iklan Biskuat Veri My Buddy memberikan pesan bahwa sisi positif atau bakat terpendam dari anak yang memiliki kekurangan (disabilitas). Siswa disabilitas juga memiliki kemampuan atau potensi yang sama dengan yang lain. Sehingga tidak seharusnya anak yang memiliki kekurangan (disabilitas) hanya berdiam diri tanpa menggali bakat atau kemampuan yang ia miliki.

Kata kunci: wacana, iklan, semiotik Ferdinand De Saussure


Full Text:

PDF

References


Arif Budi Prasetya, (2019).Analisis Semiotika Film dan Komunikasi, (Malang: Intrans Publishing.

Chaniago, P. (2019). Representasi Pendidikan Karakter dalam Film Surau dan Silek (Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure). Journal of Islamic Education Policy PP Vol 4 No 2 135-151

Legasari, V.E., dkk. 2013. Pengaruh Daya Tarik Iklan, Kreativitas Iklan dan Kredibilitas Endorser Terhadap Efektivitas Iklan dan Sikap Konsumen pada Sabun Pemutih Wajah Merek Oil of Olay di Kota Pekanbaru. Jurnal Ekonomi, Vol 21 No 3 pp 1-15.

Lukitaningsih, A. (2013). Iklan yang Efektif sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan. Vol 13 No 2 PP 116-129

Vera, N. 2014. Semiotika dalam Riset Komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia

https://www.youtube.com/watch?v=xgaCJBiRbdw




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v12i3.9921

Article Metrics

Abstract - 298 PDF - 210

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats