EFEKTIVITAS PENGGUNAAN GUESSING GAME MAP UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS X SMA ISLAM AL-ULUM TERPADU MEDAN

Yulia Afni, Edy Suprayetno

Abstract


Penelitian ini tentang keefektifan permainan tebak-tebakan melalui peta untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas X. Penelitian ini termasuk penelitian kuasi eksperimen dengan memakai nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas X, sampel penelitiannya yaitu X A sebagai kelompok eksperimen dan X B sebagai kelompok kontrol, terdapat 27 siswa kelompok eksperimen dan 26 siswa kelompok kontrol. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Ada dua variabel dalam penelitian ini yaitu Permainan Menebak sebagai variabel bebas dan keterampilan berbicara siswa sebagai variabel terikat. Instrumen penelitian ini adalah tes lisan. Hasil data tes menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara kedua kelas. Nilai rata-rata pre-test pada kelompok eksperimen adalah 64,15, dan nilai rata-rata pre-test pada kelompok kontrol adalah 67,38. Sementara itu, nilai rata-rata postes kelompok eksperimen adalah 79,85 dan nilai rata-rata postes kelompok kontrol adalah 72,15. Hal ini berarti permainan tebak-tebakan melalui peta berhasil mengembangkan keterampilan berbicara siswa. Dari perhitungan independent sample t-test pada post test, diperoleh hasil bahwa nilai thitung > t tabel (3,750 > 2,000). Karena nilai t-test > t-tabel menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) valid serta hipotesis nol (H0) tidak valid. Sesuai temuan serta pembahasan penelitian, penulis mendapatkan kesimpulan bahwa permainan tebaktebakan melalui peta efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa di Kelas X SMA Islam Al-Ulum Terpadu Medan.

Kata Kunci: Guessing Game Map, Keterampilan Berbicara


Full Text:

PDF

References


Agus Niarti, Ikhsanudin, Wardah. 2015. Meningkatkan Kosakata Siswa Melalui Teknik Permainan Menebak Teks Deskriptif dalam Berbicara. Jurnal Pendidikan 20(1):1–10.

Farianto, A., Harmaini, F., dan Husna, L. 2017. Mengajar Berbicara Melalui Permainan Menebak. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta.

Marzuqi, M. I. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Melalui Media Peta Terhadap Kecerdasan Spasial dan Keterampilan Pemecahan Masalah. Jurnal Ilmu Sosial Indonesia 2(2):77–86.

Mubarok, H. 2015. Penelitian Pendidikan Bahasa. Lingkar Media.

Puspitasari, Z. Z., and Asari, S. 2018. Pengaruh Penggunaan Teknik Permainan Tebak Interaktif Terhadap Kelancaran Keterampilan Berbicara Siswa. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan 25(1):104.

Rahayu, Y. 2014. Pengaruh Penggunaan Permainan Menebak Terhadap Kemampuan Berbicara Siswa Kelas VII Mts Negeri 2 Jember. Universitas Muhammadiyah Jember.

Veronica. 2015.Aplikasi 'Guessing Games' Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa Dalam Berbicara Bagi Siswa Sd Kelas 2. The 2nd University Research Coloquium

Widoyoko, E. P. 2016. Penilaian Hasil Pembelajaran i Sekolah. Revisi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yunita, W. 2014. Seberapa Efektifkah Permainan Menebak dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara? Jurnal Pendidikan 57–69.

Zuhriyah, M. 2017. Bercerita untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa. Jurnal Tadris Bahasa Inggris, 10(1), 119–13




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v12i3.9922

Article Metrics

Abstract - 76 PDF - 44

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats