PEMANFAATAN KARYA SASTRA PROFETIK DALAM PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

Fatmawati Fatmawati, Bertholomeus Jawa Bhaga, Israyanti Israyanti

Abstract


Profil pelajar pancasila merupakan bentuk terjemahan dari tujuan pendidikan nasional yang menempatkan pendidikan karakter sebagai jantungnya pendidikan. Pembentukan dan pengembangan karakter peserta didik dapat dilakukan melalui pemanfaatan karya sastra profetik. Sebab karya sastra profetik adalah karya sastra yang dialektik, yang berhadap-hadapan dengan realitas dan dapat memberi arah realitas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan karya sastra profetik dalam penguatan profil pelajar pancasila. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis konsep. Data dikumpulkan melalui studi pustaka, yakni dengan cara membaca peraturan perundang-undangan, buku, artikel, dan bahan-bahan lain yang relevan. Adapun simpulan dari penelitian ini ialah karya sastra profetik dapat digunakan dalam penguatan profil pelajar pancasila, karena nilai-nilai yang terkandung di dalam karya sastra yang berupa nilai humanisasi, liberasi, dan transendensi selaras dengan dimensi profil pelajar pancasila. Karya sastra profetik dapat dijadikan sebagai materi dan bahan ajar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia melalui kegiatan aspresiasi sastra. Nilai-nilai yang terkandung dalam karya sastra profetik dapat memperkaya batin dan jiwa, sehingga peserta didik mampu berinteraksi secara horisontal dengan lingkungan dan sesama manusia. Pada saat yang bersamaan, sebagai manusia yang beragama, peserta didik dapat melakukan interaksi secara vertikal dengan Sang Pencipta.

Kata kunci: Karya sastra, profetik, pelajar pancasila


Full Text:

PDF

References


Abdillah, K., & Wirawan, A. K. (2019, November). Wujud Ketergantungan Manusia pada Tuhan dalam Novel Kambing dan Hujan Karya Mahfud Ikhwan: Kajian Profetik Sastra. In Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, Vol. 3, No. 1, Hal. 137-146.

Achsani, F. (2018). Cerita Anak sebagai Media Pembentuk Karakter Anak. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, Vol 1 No. 2, Hal 53-64.

Amalia, W. P., Sumarwati, S., & Setiawan, B. (2019). Pemanfaatan Nilai Peduli Sosial Cerita Rakyat di Kabupaten Purbalingga sebagai Pengembangan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, Vol 6 No. 2, Hal 203-212.

Anafiah, S. (2015). Pemanfaatan Sastra Anak sebagai Media Penumbuhan Budi Pekerti. Trihayu, Vol 2 No. 1, Hal 259070.

Asâ, M. (2020). Membangun Pendidikan Karakter Anak Menggunakan Pembelajaran Sastra. Miyah: Jurnal Studi Islam, Vol 16 No. 1, Hal 215-228.

Aslam, D. M., Hazbini, H., & Rahayu, L. M. (2020). Etika Sastra Profetik dalam Buku Kumpulan Puisi Tulisan pada Tembok Karya Acep Zamzam Noor. Metahumaniora, Vol 10 No. 1, Hal 90-103.

Farinda, F. U., & Camila, S. N. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Serta Tantangan di Era Revolusi Society 5.0. ProsidingSamasta.

Irawati, D., Muhamad Iqbal, A., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/EDUMASPUL.V6I1.3622.

Huda, M. M., Supriatna, M., & Abidin, Z. (2023). Character in The Local Wisdom of Rewang of The Jotosanur Village Community as A Strategy to Strengthen The Profile of Pancasila Students in Elementary Schools. Jurnal Cakrawala Pendas, Vol 9 No. 1,Hal 117-125.

Juanda, J. (2019). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini melalui Sastra Klasik Fabel Versi Daring. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 3 No. 1, Hal 39-54.

Karim, A. A., & Hartati, D. (2022). Pemanfaatan Teks Sastra sebagai Upaya Penguatan Pendidikan Karakter. KOLASE, Vol 1 No. 2, Hal 56-68.

Khomsilawati, S. (2018). Penguatan Karakter Religius dalam Pembelajaran Sastra melalui Adaptasi Kearifan Lokal. In Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia (SENASBASA), Vol 1 No. 1.

Komalasari, I. (2019). Nilai Profetik Transendensi dalam Novel Semua Ikan di Langit Karya Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie. STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, Vol 4 No. 1, Hal 110-121.

Krismonita, F. Y. (2021). Cerminan Etika Profetik Dalam Novel Di Kaki Bukit Cibalak Karya Ahmad Tohari Sebagai Media Pendidikan Karakter Peduli Sosial Pascapandemi. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Hal 38-47.

Krismonsari, M. L., & Widowati, W. (2020). Kumpulan Puisi Negeri Daging Karya A. Mustofa Bisri: Etika Liberasi Dan Kandungan Nilai Karakternya (Metode Sastra Profetik). Caraka: Jurnal Ilmu Kebahasaan, Kesastraan, dan Pembelajarannya, Vol 6 No. 2, Hal 119-133.

Kusnita, S. (2020). Realita Profetik dalam Cerpen Robohnya Surau Kami Karya AA Navis dan Relevansinya dalam Pembelajaran Sastra. Jurnal Pendidikan Bahasa, Vol 9 No. 2, Hal 217-226.

Kuswara, K., & Sumayana, Y. (2021). Apresiasi Cerita Rakyat sebagai Upaya Memperkuat Karakter Siswa dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Basicedu, Vol 5 No. 1, Hal 317-326.

Muhajir, M., Septiana, I., & Ripai, A. (2023). Pesan Profetik Cerpen Bertema ‘Amplop Kiai’, Sebuah Kajian Sosiologis dan Implementasinya dalam Pembelajaran Sastra di Sekolah. Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, Vol 8 No. 1,Hal 245-259.

Ningrum, D. A., & Hardiyanto, F. E. (2022). Nilai Profetik Pembelajaran Unsur Intrinsik Karya Sastra Berbasis Film Animasi Nussa Rara. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan, Vol 3, Hal 819-828.

Nurhayati, E., Junaedi, D., & Sahliah, S. (2019). Dakwah Islam Melalui Karya Sastra. Hanifiya: Jurnal Studi Agama-Agama, Vol 2 No. 2, Hal 105-112.

Nurhuda, A. (2023). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Karya Sastra Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia. KELIMUTU Journal of Community Service (KJCS), Vol 3 No. 1, Hal 41-46.

Pratama, A. (2022). Materi Three In One Dalam Cerpen “Gus Muslih” Karya Ahmad Mustofa Bisri: Kajian Sastra Profetik. Jurnal Pesona, Vol 8 No. 2.

Putri, F. N. (2020). Pendidikan Karakter Siswa Melalui Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, Vol 8 No. 1, Hal 16-24.

Rahman, A. A., Andayani, A., Suwandi, S., & Setiawan, B. (2021). Pemanfaatan Studi NilaiNilai Profetik dalam Pembelajaran Sastra di Perguruan Tinggi. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol 6 No. 2,Hal 215-230.

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Vol 6 No. 3, Hal 3613–3625. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V6I3.2714.

Safitri, M. L. O., Fathurohman, A., & Hermawan, R. (2023). Teacher's Perception of the Profile of Pancasila Students in Elementary School. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, Vol 7 No. 1, Hal 75-88.

Saputra, N. (2020). Pembentukan Nilai Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, Vol 2, Hal 388-398.

Sari, D. A., Sumarwati, S., & Purwadi, P. (2018). Pemanfaatan Cerita Rakyat Jawa Tengah Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. BASASTRA, Vol 6 No. 1, Hal 61-71.

Sari, D. M. (2020). Sastra Profetik Dan Dakwah: Studi Syair Rabi ‘Ah Al-‘Adawiyah sebagai Media Dakwah (Master's thesis, Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Savira, ATD, & Isnaniah, S (2022). Representasi Nilai Kenabian dalam Antologi Puisi RumahMu Tumbuh di Hati Kami Karya Sosiawan Leak: Tinjauan Sastra Profetik.

Septiningsih, L. (2015). Membangun Karakter Bangsa Berbasis Sastra: Kajian terhadap Materi Karya Sastra di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol 21No. 1, Hal 71-86.

Setyawan, A. (2018). Relevansi Nilai-Nilai Karakter Profetik dalam Sastra Mukidi Karya Suksmawan Yant Mujianto Di Era Revolusi Industri 4.0. Pertemuan Ilmiah BahasaDan Sastra Indonesia (PIBSI), Hal 705-720.

Setyorini, R (2020). Optimalisasi Pendidikan Profetik Melalui Karya Sastra sebagai Alternatif Solusi Pencegahan Bullying di Sekolah. Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Setyowati, A. (2019). Strategi Menyelamatkan Pancasila. Artikel ini telah tayang di Kompas.com. diakses di

https://nasional.kompas.com/read/2019/10/13/21112671/strategimenyelamatkanpancasila?page=all.

Setiawan, A. W., & Ningsih, T. (2021). Pemanfaatan Cerita Pendek Sebagai Media Pendidikan Karakter Siswa. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, Vol 5 No. 4

Slamet, Y. B. M. (2018). Fungsi dan Peran Karya Sastra dari Masa ke Masa. Praxis: Jurnal Sains, Teknologi, Masyarakat dan Jejaring, Vol 1 No. 1, Hal 24-40.

Sofa, N. I. (2019). Kajian Nilai Profetik Dalam Novel Merindu Baginda Nabi Karya Habiburrahman El-Shirazy dan Relevansinya dengan Pembelajaran Sastra di SMA (Doctoral dissertation, Universitas Peradaban).

Soleh, R. (2023). Muatan Tugas Kenabian dalam Sastra Melayu Klasik: Kajian Sastra Profetik. Semiotika: Jurnal Ilmu Sastra dan Linguistik, Vol 24 No. 2, Hal 289-302.

Sukirman, S., & Mirnawati, M. (2020). Pengaruh Pembelajaran Sastra Kreatif Berbasis Karakter terhadap Pengembangan Karakter Siswa di Madrasah Aliyah Negeri Palopo. Didaktika: Jurnal Kependidikan, Vol 9 No. (4), Hal 389-402.

Susilawati, E., Sarifuddin, S., & Muslim, S. (2021). Internalisasi Nilai Pancasila Dalam Pembelajaran Melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbantuan Platform Merdeka Mengajar. Jurnal Teknodik, Vol 25, Hal 155–167. https://doi.org/10.32550/TEKNODIK.V25I2.897.

Suraiya, S (2020). Sastra Profetik: Kajian Analisis Pemikiran Kuntowijoyo. Jurnal Adabiya.Syi’aruddin, M. A. (2018). Sastra dan Agama: Transformasi Nilai-nilai Ajaran Islam dalam Karya Sastra. In Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra dan Politik di Era Siber. Vol 1 No. 1.

Wulandari AE, Sari DP, Pratiwi E, Aras I. (2023). Development of STEM-Based Learning “Car Balloons” to Support Pancasila Students Profiles. Al-Ishlah. Vol 15 No. 1 Hal 373-382. DOI: 10.35445/alishlah.v15i1.2531.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v12i3.9933

Article Metrics

Abstract - 667 PDF - 164

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats