PEMBIASAAN LITERASI DIGITAL SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN KOMPETENSI DIGITAL PADA MAHASISWA PESERTA PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN (PLP) UNIT PPLK FKIP UNTIRTA

Ahmad Fauzi, Ilmi Solihat, Mulia Tiara Fauziah, Muldawati Muldawati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui tingkat kompetensi literasi media digital dan menerapkan pembiasaan pemanfaatan literasi digital pada mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia peserta kegiatan PLP sehingga mereka memiliki kecakapan dalam mebuat perangkat pembelajaran yang kreatif, inovatif berbasis digital. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan yang disampaikan Gilster tentang kompetensi literasi media digital. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Populasi penelitian ini mahasiswa peserta PLP. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu teknik analisis kualitatif model interaktif. Hasil penelitian didasarkan pada sub variabel Internet Searching dominan kategori baik, Hypertextual Navigation dominan kategori kurang, Content Evaluation dominan kategori baik, Knowledge Assembly dominan kategori baik. Simpulannya adalah tingkat kompetensi literasi media digital pada mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia peserta PLP perku disiapkan agar ketika memasuki dunia persekolahan, mereka siap dan mumpuni dalam Menyusun perangkat pembelajaran yang kreatif, inovatif berbasis literasi digital.

Kata Kunci: Literasi digital, Kompetensi digital, PLP


Full Text:

PDF

References


Amalia, R. R. 2016. Urgensi Literasi Digital untuk Pelajar SMA Penelitian Survei Tingkat Literasi Digital Pelajar Sekolah Menengah Atas Negeri di Daerah Istimewa Yogyakarta. Skripsi, Perpustakaan Pusat UGM. Universitas Gadjah Mada.

Bella, Elpira. 2018. Pengaruh Penerapan Literasi Digital terhadap Peningkatan Pembelajaran Siswa di SMP Negeri 6 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar- Raniry Banda Aceh.

Kuntarto, H. B., & Prakash, A. (2020). Digital Literacy Among Children in Elementary Schools. Diakom : Jurnal Media Dan Komunikasi, 3(2), 157-170. https://doi.org/10.17933/diakom.v3i2.92

Novitasari, Y. dan Fauziddin, M. (2022). Analisis Literasi Digital Tenaga Pendidik pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi. Vpl 6 No 4 PP 3570-3577

Sumiati, E., & Wijonarko. (2020). Manfaat Literasi Digital Bagi Masyarakat Dan Sektor Pendidikan Pada Saat Pandemi Covid-19. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 3(2), 65-80.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v12i3.9958

Article Metrics

Abstract - 143 PDF - 104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats