PENINGKATAN KEMAMPUAN APRESIASI PUISI MELALUI E-MODUL MEMAHAMI PUISI BERBASIS HOTS TERINTEGRASI NILAI BELA NEGARA PADA MAHASISWA PRODI SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui peningkatan kemampuan memahami dan mengapresiasi puisi Indonesia oleh mahasiswa sastra Indonesia melalui e-modul puisi berbasis HOTS terintegrasi nilai bela negara. Penelitian ini akan menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah Mahasiswa Program Studi Sastra Indonesia di Universitas Muhammadiyah Purworejo.. Penelitian ini akan dilakukan dalam beberapa siklus, di mana setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pemahaman dan apresiasi puisi Indonesia untuk mengukur kemampuan mahaMahasiswa dalam memahami dan mengapresiasi puisi. Melalui metode penelitian tindakan kelas, peneliti akan dapat mengamati meningkatkan kemampuan pemahaman dan apresiasi puisi serta kesadaran bela negara e-modul memahami puisi berbasis HOTS terintegrasi nilai bela negara yang terintegrasi nilai bela negar. Hasil penelitian bahwa e-modul memahami puisi berbasis HOTS terintegrasi nilai bela negara yang digunakan dalam pembelajaran apresiasi sastra mengalami peningkatan. Pada siklus 1 dan siklus 2 terjadi peningkatan hasil belajar sehingga e-modul memahami puisi berbasis HOTS terintegrasi nilai bela negara efektif digunakan dalam pembelajaran apresiasi sastra puisi Indonesia.
Kata kunci: Apresiasi Puisi, HOTS, nilai bela negara
Full Text:
PDFReferences
Diana, P. Z. (2021). Pengembangan Modul Memahami Puisi Berbasis Hots Terintegrasi Nilai Bela Negara Mata Kuliah Pembelajaran Bahasa Indonesia. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 10(2), 153. Https://Doi.Org/10.35194/Alinea.V10i2.1635
Hanif, S. L. (2018). Peningkatan Keterampilan Membaca Puisi dengan Eksperimentasi Model Circ Bermedia Video Pembacaan Puisi Pada Siswa Kelas V Sd 1 Tritis Jepara. Kredo : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 2(1), 65–80. Https://Doi.Org/10.24176/Kredo.V2i1.2784
Jumaini, J., Hertin, H. H., Nisfiyati, M., & Ibrahim, M. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Hasil Belajar Siswa: Sebuah Meta - Analisis. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 5(1), 48. Https://Doi.Org/10.22373/Jppm.V5i1.9805
Legiman. (2015). Penelitian Tindakan Kelas (Ptk). Lpmp Yogyakarta, 1(1), 1–15. Https://Www.Google.Com/Url?Sa=T&Source=Web&Rct=J&Url=Http://Lpmpjogja.Kemdikbud.Go.Id/Wp-Content/Uploads/2015/02/Penelitian-Tindakan-Kelas-Ptk-Legiman.Pdf&Ved=2ahukewjk7agulzroahwgytgghc20bc0qfjadegqiarab&Usg=Aovvaw3wl-Ruuvxmrrwlfrtjxmtd
Puspitasari, S. N., Suyono, S., & Astutiningtyas, E. L. (2021). Efektivitas Penerapan Modul Memahami Puisi Berbasis Hots Terintegrasi Nilai Bela Negara Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas Viii Pada Materi Pola Bilangan Masa Pandemi. Journal Of Mathematics Education And Learning, 1(3), 274. Https://Doi.Org/10.19184/Jomeal.V1i3.26773
Rokhayah, S. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Menulis Puisi Berbasis “Project Based Learning.” Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 11(1), 56. Https://Doi.Org/10.35194/Alinea.V11i1.1871
Sukiasih, M. (2018). Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Dalam Menulis Puisi Pada Siswa Melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 319. Https://Doi.Org/10.23887/Jipp.V2i3.16230
Susilawati, S., Wardiah, D., & Ardiansyah, A. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Peserta Didik Di Banyuasin. Kredo : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 5(1), 239–257. Https://Doi.Org/10.24176/Kredo.V5i1.5725
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v12i3.9959
Article Metrics
Abstract - 210 PDF - 71Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: linguarima@gmail.com
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.