PENGGUNAAN PERMAINAN WORLDWALL DALAM PROSES EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMAN 5 TANGERANG

Ira Anisa Purawinangun, Endry Boeriswati, Fathiaty Murtadho

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penggunaan permainan kuis Worldwall terhadap evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia di SMAN 5 Tangerang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menyajikan data secara deskriptif berdasarkan angket yang telah dibagikan kepada partisipan atau subjek penelitian. Sedangkan, teknik pengumpulan yang digunakan oleh peneliti yaitu menggunakan angket yang dibagikan kepada peserta didik di SMAN 5 Tangerang kelas X IPS  yang berjumlah 60 orang. Kuesioner dalam penelitian ini digunakan untuk mengetahui efektivitas penggunaan permainan kuis Worldwall terhadap evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian dapat terlihat bahwa permainan kuis Worldwall sangat cocok dan diminati oleh peserta didik ketika melaksanakan latihan soal atau evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Hal ini terbukti bahwa peserta didik menyukai permainan kuis Worldwall karena memiliki desain yang menarik (80%), memiliki fitur yang beragam (10%) dan terdapat gambar yang menarik (10%). Visualisasi yang menarik tentu saja sangat menentukan bagaimana minat peserta didik terhadap proses pembelajaran yang dilaksanakan.

 

Kata Kunci: Permainan Worldwall, Evaluasi Pembelajaran

 


Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. (2013). Evaluasi Pembelajaran (Prinsip, Teknik, dan Prosedur). Remaja Rosdakarya.

Asrul, Rusyrdi Ananda, dan Rosinta. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Ciptapustaka Media

Atmazaki. (2013). Penilaian Alternatif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Padang: UNP Press.

Mukhlis, M., Widyaningrum, H. K. & Masjid, A. A. (2021). Pelaksanaan Prosedur Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMK Pekanbaru Pada Masa Pandemi. Stilistika: Jurnal Pendidikan bahaasa dan Sastra. Vol 14 (2). E-ISSN: 2614-3127

Purnomo, P. & Palupi, M.S. (2016). Pengembangan Tes Hasil Belajar Matematika Materi Menyelesaikan Masalah yang Berkaitan Dengan Waktu, Jarak dan Kecepatan Untuk Siswa Kelas V. Jurnal Penelitian (Edisi Khusus PGSD). Vol 20 (2).

Surpiyadi. (2013). Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Gorontalo: UNG Press Gorontalo.

Ulya, M. 2021. Penggunaan Educandy Dalam Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol 10 (1).

Walidin, W., Saifullah, & Tabrani. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif & Grounded Theory . FTK Ar-Raniry Press




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v12i3.9971

Article Metrics

Abstract - 240 PDF - 126

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats