PENGGUNAAN PERMAINAN WORLDWALL DALAM PROSES EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMAN 5 TANGERANG
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penggunaan permainan kuis Worldwall terhadap evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia di SMAN 5 Tangerang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menyajikan data secara deskriptif berdasarkan angket yang telah dibagikan kepada partisipan atau subjek penelitian. Sedangkan, teknik pengumpulan yang digunakan oleh peneliti yaitu menggunakan angket yang dibagikan kepada peserta didik di SMAN 5 Tangerang kelas X IPS yang berjumlah 60 orang. Kuesioner dalam penelitian ini digunakan untuk mengetahui efektivitas penggunaan permainan kuis Worldwall terhadap evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian dapat terlihat bahwa permainan kuis Worldwall sangat cocok dan diminati oleh peserta didik ketika melaksanakan latihan soal atau evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Hal ini terbukti bahwa peserta didik menyukai permainan kuis Worldwall karena memiliki desain yang menarik (80%), memiliki fitur yang beragam (10%) dan terdapat gambar yang menarik (10%). Visualisasi yang menarik tentu saja sangat menentukan bagaimana minat peserta didik terhadap proses pembelajaran yang dilaksanakan.
Kata Kunci: Permainan Worldwall, Evaluasi Pembelajaran
Full Text:
PDFReferences
Arifin, Z. (2013). Evaluasi Pembelajaran (Prinsip, Teknik, dan Prosedur). Remaja Rosdakarya.
Asrul, Rusyrdi Ananda, dan Rosinta. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Ciptapustaka Media
Atmazaki. (2013). Penilaian Alternatif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Padang: UNP Press.
Mukhlis, M., Widyaningrum, H. K. & Masjid, A. A. (2021). Pelaksanaan Prosedur Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMK Pekanbaru Pada Masa Pandemi. Stilistika: Jurnal Pendidikan bahaasa dan Sastra. Vol 14 (2). E-ISSN: 2614-3127
Purnomo, P. & Palupi, M.S. (2016). Pengembangan Tes Hasil Belajar Matematika Materi Menyelesaikan Masalah yang Berkaitan Dengan Waktu, Jarak dan Kecepatan Untuk Siswa Kelas V. Jurnal Penelitian (Edisi Khusus PGSD). Vol 20 (2).
Surpiyadi. (2013). Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Gorontalo: UNG Press Gorontalo.
Ulya, M. 2021. Penggunaan Educandy Dalam Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol 10 (1).
Walidin, W., Saifullah, & Tabrani. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif & Grounded Theory . FTK Ar-Raniry Press
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v12i3.9971
Article Metrics
Abstract - 240 PDF - 126Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol
Kota Tangerang, Indonesia
e-mail: linguarima@gmail.com
Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.