PERBEDAAN KOSA KATA BAHASA SUNDA MASYARAKAT PESISIR PANTAI CISOLOK SUKABUMI DAN CIANJUR (KAJIAN SOSIODIALEKTOLOGI)

Henri Henriyan Al Gadri, Irpa Anggriani Wiharja

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini membahas tentang perbedaan penggunaan kosa kata dari masyarakat pesisir pantai Sukabumi dan Cianjur, Jawa Barat ditinjau dari dialektologi dan faktor geografis yang mempengaruhinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kosa kata yang digunakan pesisir pantai yaitu Cisolok Sukabumi dan Cianjur. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan metode deskriptif karena memerlukan data yang ada apa adanya atau merupakan penafsiran apa adanya. Data dalam penelitian ini yaitu berupa bahasa tuturan yang biasa digunakan dan masyarakat pesisir pantai Cisolok, Sukabumi dan Cianjur. Sumber data penelitian ini yaitu masyarakat pesisir pantai Cisolok, Sukabumi dan Cianjur yaitu 1 responden guru silat, dan 2 responden penduduk lokal. Pengumpulan data menggunakan wawancara, analisis data menggunakan 3 tahap yaitu 1) reduksi data, 2) penyajian data dan 3) penarikan simpulan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa kosa kata bahasa Sunda Cisolok menyerupai bahasa Sunda Banten, dialeknya yang lantang, bergoyang dan jelas pada akhir suku kata serta letak geografis atau faktor lingkungan di daerah Cisolok mempengaruhinya. bahasa penutur di masyarakat setempat. Lokasi pesisir pantai, berbatasan dengan wilayah Banten dan dekat dengan pegunungan.

Kata Kunci: Bahasa Sunda, Kosa Kata, Sosiodialektologi


Full Text:

PDF

References


Indrariani, E. A., & Ningrum, Y. F. (2017). Kajian Kontrastif : Dialek Bahasa Jawa Pesisir dan Pegunungan di Kabupaten Pemalang. Jurnal Bahasa Lingua Scientia, 9(2), 347–356.

N, Ana F., dan rahmawati, D. (2020). Variasi Dialek Yogyakarta-Purworejo pada Chanel Youtube Pak Bhabin Polisi Purworejo (Sebuah Kajian Sosiodialektologi). Tabasa. Vol 1 No 1 PP 48-69

Nida’uljanah, H., & Ridwan, M. (2017). Kajian Sosiodialektologi Bahasa Masyarakat Hadramiy (Studi Kasus Masyarakat Indonesia Keturunan Arab di Pasar Kliwon Surakarta). Jurnal CMES, X, 181–192.

Rahmasari, N., dan Suryadi, M. (2023). Variasi Leksikon Aktivitas Keseharian Manusia dalam Ranah Rumah Tangga di Kota Blitar:Sosiodialektologi. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual. Vol 8 No 1 PP 10-21




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v12i3.9989

Article Metrics

Abstract - 135 PDF - 144

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan I/33, Cikokol 

Kota Tangerang, Indonesia

e-mail: linguarima@gmail.com


Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2621-1033) is licensed under a   Creative Commons Attribution 4.0 International License.     


site stats
View Lingua Rima Stats