Indexing metadata

PENGARUH DUA METODE PEMBELAJARAN INOVATIF TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS SISWA SMA


 
Dublin Core PKP Metadata Items Metadata for this Document
 
1. Title Title of document PENGARUH DUA METODE PEMBELAJARAN INOVATIF TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS SISWA SMA
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Ilmi Solihat; Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Tatu Hilaliyah; Universitas Sultan Ageng Tirtayasa; Indonesia
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Asep Muhyidin; Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Muldawati Muldawati; Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Dede Tri Guntoro; Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang
 
3. Subject Discipline(s)
 
3. Subject Keyword(s)
 
4. Description Abstract

Keterampilan menulis puisi artinya terampil dalam menciptakan puisi yang berlandaskan pada unsur-unsur pembangun puisi. Namun, keterampilan menulis puisi tidak lahir begitu saja, harus berlatih terus menerus dengan berbekal ilmu pengetahuan, keterampilan, dan informasi yang diimplementasikan oleh penulis tersebut. Berdasarkan wawancara dengan guru mata pelajaran bahasa Indonesia, siswa kerap kesulitan dalam menulis puisi karena sulitnya memunculkan ide di awal. Adapun, tujuan penelitian ini yakni mendeskripsikan pengaruh dua metode pembelajaran inovatif terhadap keterampilan menulis puisi siswa di SMA. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitaif dan pemilihan desain berupa pretest- posttest control group design. Teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling. Teknik pengumpulan data dari hasil tes menulis puisi berupa pretest dan  posttest kelas eksperimen dan kontrol dengan instrumen penilaian yaitu tema, imajinasi, majas, diksi, dan makna. Hasil menunjukkan pengaruh metode sugesti imajinasi dengan rata-rata nilai pretest sebesar 59,1 dan posttest sebesar 82,5. Kemudian, pengaruh metode copy the master dengan rata-rata nilai pretest sebesar 54,6 dan posttest sebesar 74,3. Terakhir, hasil perbedaan posttest menunjukkan metode sugesti imajinasi lebih unggul dengan selisih sebesar 8,2 poin. Disimpulkan bahwa metode sugesti imajinasi lebih unggul dibandingkan dengan metode copy the master untuk diterapkan dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa.

 

Kata Kunci: dua metode pembelajaran inovatif, keterampilan menulis, siswa SMA

 
5. Publisher Organizing agency, location Universitas Muhammadiyah Tangerang
 
6. Contributor Sponsor(s)
 
7. Date (YYYY-MM-DD) 2025-04-29
 
8. Type Status & genre Peer-reviewed Article
 
8. Type Type
 
9. Format File format PDF
 
10. Identifier Uniform Resource Identifier https://jurnal.umt.ac.id/index.php/lgrm/article/view/12696
 
10. Identifier Digital Object Identifier (DOI) http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v13i3.12696
 
11. Source Title; vol., no. (year) Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia; Vol 13, No 3 (2024)
 
12. Language English=en en
 
13. Relation Supp. Files
 
14. Coverage Geo-spatial location, chronological period, research sample (gender, age, etc.)
 
15. Rights Copyright and permissions Copyright (c) 2024 Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia