Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol 13, No 1 (2024)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA KURIKULUM MERDEKA DALAM MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII DI SMP

Padmi Dwi Jayanti, Ade Kusmana, Rahmawati Rahmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran project based learing pada kurikulum merdeka dalam menulis teks prosedur siswa kelas VII di SMP. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran Project Based Learning pada kurikulum merdeka dalam menulis teks prosedur siswa kelas vii di SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan secara langsung pada saat pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Data yang diperoleh adalah bagaimana cara guru merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning pada kurikulum merdeka dalam menulis teks prosedur. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan model pembelajaran Project Based Learning pada kurikulum merdeka dalam menulis teks prosedur telah dilaksanakan dengan baik oleh guru karena pembelajaran yang diterapkan telah sesuai dengan sintak atau tahapan model pembelajaran Project Based Learning. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

Kata kunci: Project Based Learining , kurikulum merdeka.