IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEKS PROSEDUR MELALUI TEKNIK ECOPRINT DALAM KEGIATAN P5 KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 1 JAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membangun kreativitas siswa lebih dalam melalui ecoprint yang dilakukan secara teratur agar mendapatkan hasil yang sempurna. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 1 Jakarta dengan subjek siswa kelas VII sebanyak 91 siswa yang terbagi menjadi 12 kelompok. Objek penelitian ini adalah implementasian teks prosedur melalui kegiatan ecoprint yang bekerja sama dengan Praveena. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis yang kemudian hasil tersebut dicatat sebagai sebuah narasi penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiata ecoprint yang dilaksanakan oleh siswa SMP Muhammadiyah 1 Jakarta menggunakan prosedural teks prosedur agar hasil ecoprint sesuai dengan corak atau motif yang diinginkan. Dalam kegiatan ecoprint, siswa juga membangun karakter yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila yaitu dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia. Lalu Profil Pelajar Pancasila Mandiri, bergotong royong, dan kreatif.
Kata kunci: P5, teks prosedur, teknik ecoprint