ANALISIS PERBANDINGAN CDI SHINDENGEN DAN CDI BRT DUAL BAND TERHADAP TORSI DAN HORSE POWER MESIN SEPEDA MOTOR KAWASAKI KLX 150 TAHUN 2014

Muhammad Farhan Janitra, abd rohman abd rohman

Abstract


Sistem pengapian pada motor bensin berfungsi mengatur proses pembakaran campuran bahan bakar dan udara didalam silinder sesuai waktu yang sudah ditentukan yaitu pada akhir langkah kompresi serta percikan bunga api yang kuat pada penelitian ini akan lakukan analisis perbandingan dari segi daya dan torsi mesin Kawasaki klx 150 dengan menggunakan CDI Shindengen dan CDI BRT Dual band dengan uji performa oleh dynotest dan pengujian tegangan puncak primer coil dengan peak voltage adaptor. Adapun metode yang digunakan adalah metode eksperimental, dengan hasil pengujian  daya tertinggi penggunaan CDI shindengen 12,2 HP pada putaran 7433 rpm dan torsi tertinggi yang dapat dihasilkan oleh penggunaan CDI shindengen sebesar 13,66 HP pada putaran 5214 rpm sedangkan untuk hasil pengujian menggunakan CDI BRT Dual band daya tertinggi 14,8 HP pada putaran 7750 rpm dan torsi tertinggi yang dapat dihasilkan oleh penggunaan CDI shindengen sebesar 14,9 HP pada putaran 5214 rpm hal ini disebabkan karena perbedaan tegangan puncak primer coil pengapian yang mempengaruhi terhadap proses pembakaran yang terjadi didalam mesin.  

Kata Kunci : Sistem pengapian, CDI, shindengen, BRT dual band


Full Text:

PDF

References


N. Nazar and Weriono, “Analisa Penggunaan CDI Racing Programmable Pada Mesin Sepeda Motor Jupiter Z 110 CC,” Sainstek (e-Journal), vol. 9, no. 2, pp. 87–95, 2021, doi: 10.35583/js.v9i2.168.

Y. E. Ibnu Siswanto, “Peningkatan Performa Sepeda Motor Dengan Variasi CDI Programmable,” Tek. FT UNY, vol. II, pp. 1–15, 2020.

S. Ramdani, “ANALISIS PENGARUH VARIASI CDI TERHADAP PERFORMA DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR HONDA VARIO 110cc,” J. Tek. Mesin, vol. 4, no. 3, p. 28, 2017, doi: 10.22441/jtm.v4i3.1271.

E. Tarigan, “Studi Kasus: Karakteristik Konsumsi Bahan Bakar Sepeda Motor 110 CC Matic dengan CDI BRT,” Automot. Exp., vol. 2, no. 1, p. 8, 2019.

B. Nugraha, “Perbandingan Unjuk Kerja Dan Komsumsi Bahan Bakar Antar Motor Yang Menggunakan Cdi Limiter Dengan Motor Yang Mempergunakan Cdi Unlimiter,” Focus Tek. Mesin Upmi, vol. 1, pp. 1–11, 2020.

R. Y. EFENDI, “ANALISIS PENGGUNAAN CDI STANDAR DAN CDI RACING DENGAN VARIASI BAHAN BAKAR PERTALITE, PERTAMAX 92 DAN PERTAMAX 98 TERHADAP DAYA DAN TORSI MOTOR BENSIN 1 SILINDER,” NBER Work. Pap., p. 89, 2021, [Online]. Available: http://www.nber.org/papers/w16019.

B. Susanto, “Pengaruh Variasi CDI Terhadap Unjuk Kerja Mesin Sepeda Motor Vega Zr 110 cc,” Tugas Akhir Fak. Tek. Univ. Islam Riau Pekanbaru, 2021.

S. Gafar, I. Gunawan, and I. Usman, “Pengaruh Penggunaan CDI Standar dan CDI Racing Tipe Juken 5 dengan Menggunakan Bahan Bakar Pertalite Terhadap Unjuk Kerja Motor Bakar Yamaha Mio M3 125 cc,” J. Din. Tek. Mesin Unkhair, vol. 6, no. 1, pp. 16–22, 2021.

B. R. Pratama, “Pengaruh Perbandingan Cdi Brt Dan Cdi Standart Terhadap Emisi Gas Buang Dengan Performa Mesin Suzuki Satria F150 2012,” Mechonversio Mech. Eng. J., vol. 3, no. 2, p. 63, 2020, doi: 10.51804/mmej.v3i2.873.

Andri Wahyudi, “UNJUK KERJA MOTOR BENSIN 4 LANGKAH 1 SILINDER MENGGUNAKAN VARIASI CDI STANDAR DAN CDI BRT DENGAN DIAMETER KATUP INLET DAN EXHAUST DIPERBESAR,” Tek. Mesin , Univ. Mataram, pp. 1–12, 2020.

J. B. Lheywood, INTERNAL COMBUSTION ENGINE FUNDAMENTALS, vol. 21. McGraw-Hill.inc.

R. Stone and J. K. Ball, Automotive Engineering Fundamentals. 2004.

J. Jama, “Teknik Sepeda Motor Jilid satu,” vol. 4, 2016, pp. 1–23.

Prof.Dr.Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2015.

K. motor Co.Ltd., Kawasaki KLX Motorcycle Service Manual, no. 5. 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/mbjtm.v8i3.11680

Article Metrics

Abstract - 136 PDF - 91

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Muhammad Farhan Janitra Muhammad Farhan Janitra, abd rohman abd rohman

Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin (ISSN: 2549-5038 e-ISSN: 2580-4979)

Copyright © 2017-2020 Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Tangerang. All rights reserved.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) License