ANALISIS HIGH OIL CONSUMTION PADA PESAWAT AIRBUS 330 DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA DENGAN KONSEP FMEA (FAILURE,MEASURE,ANALYZE AND EVALUATE)
Abstract
Pesawat Airbus 330 dengan tipe engine RR Trent 7000-72 mengalami high oil consumption sebesar 0,52 qrt/hour begitu juga registrasi PK-GYC mengalami ketinggian 0,46 qrt /hour yang dimana batas normal nya 0,6 qrt/hour dan juga banyak ditemukan seal debris di MCD forward sump.Akibat dari high oil consumption bearing no.3 mengalami keausan Selain itu jumlah oli yang terdapat pada oil tank selalu berkurang sehingga harus selalu menambah oli agar engine dalam keadaan aman saat terbang.Meningkatnya penggunaan jumlah oli secara terus menerus dapat mengakibatkan tingginya biaya yang dikeluarkan maskapai dalam penggunaan oli tersebut Tentu saja peran dari oil adalah hal yang sangat diperlukan dalam pengoperasian engine.Skripsi ini menjelaskan faktor penyebab yang mengakibatkan high oil consumption dan pengujian pada oil yang digunakan di pesawat dan tipe oil yang tepat juga.Pengujian dan pengecekan pun juga dilakuan di pesawat airbus 320.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Airbus (2019) Aircraft Maintenance Manual A318/319/320/321/330, diaskes pada tanggal 10 November 2020.
Dr.Theodore E.2009. Oil,Gas and PetroChemicals-The secret world of energy.New York
Arini T.Soemohadiwidjojo.2009.Six Sima Metode Pengukuran Kinerja Perusahaan Berbasis Statistik, Penerbit Erlangga : Jakarta
Work Order Number 803166970.CFM56-5B Engine Oil Change & Servicing.Dipublish 2 November 2020
Capt Desmond Hutagaol., 2013,Pengantar Penerbangan Perspektif Profesional, .Penerbit Erlangga : Jakarta
Engineering Information Airbus 330 Citilink Indonesia.Airbus 330.Accessory Gearbox Oil Leaks.Perancis.Dipublis pada tanggal 15 July 2019.
CASR part 145.Rev1.2006. Approved Maintenance Organization. Jakarta.Kementrian Perhubungan.
Ir.Sani,MT.Pengaruh pelarut Phenol Pada Reklamasi Minyak Pelumas Bekas, ISBN: 978-602-8915-63-2)
Kroes, M.J, Wild, T.W., 1990, Aircraft Powerplant, 7th Edition, McGraw-Hill, New York.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/mbjtm.v8i2.11797
Article Metrics
Abstract - 77 PDF - 130Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jamaludin Jamaludin
Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin (ISSN: 2549-5038 e-ISSN: 2580-4979)
Copyright © 2017-2020 Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Tangerang. All rights reserved.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) License