Karakteristik Beban Pengendara dan Kemiringan Jalan Terjal Terhadap Pengopimalan Konsumsi Daya Motor BLDC 2000 Watt Pada Prototipe Mobil Listrik Heulang Galunggung

Muhammad Rifqi Rachman, Anes Inda Rabbika

Abstract


Motor listrik merupakan kendaraan yang semakin populer di masa kini karena keunggulannya dalam hal efisiensi energi dan emisi gas buang yang lebih rendah. Namun, untuk mencapai performa maksimal, diperlukan pengembangan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) yang memadai.Salah satu faktor penting dalam pengembangan motor listrik adalah karakteristik beban kendaraan dan kemiringan jalan. kemiringan jalan juga mempengaruhi konsumsi daya dari sebuah kendaraaan. Semakin curam kemiringannya, semakin besar gaya gesek antara ban dengan permukaannya sehingga semakin banyak daya yang diperlukan untuk melawan hambatan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengkarakterisasi bagaimana beban pengendara, posisi pedal gas, dan kemiringan jalan mempengaruhi konsumsi daya motor BLDC (Brushless Direct Current) 2000 Watt pada prototipe mobil listrik Heulang Galunggung. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dan simulasi untuk mengumpulkan data tentang konsumsi daya motor BLDC dalam berbagai kondisi beban dan kemiringan jalan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi daya motor BLDC 2000 watt pada prototipe mobil listrik Heulang Galunggung dipengaruhi secara signifikan oleh berat pengendara, bukaan gas, dan kemiringan jalan, dengan efisiensi yang lebih baik pada beban ringan dan jalan datar.


Keywords


Kemiringan jalan, berat pengendara, konsumsi daya



DOI: http://dx.doi.org/10.31000/mbjtm.v9i3.12264

Article Metrics

Abstract - 4

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Muhammad Rifqi Rachman, Anes Inda Rabbika

Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin (ISSN: 2549-5038 e-ISSN: 2580-4979)

Copyright © 2017-2020 Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Tangerang. All rights reserved.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) License