Studi Perbandingan Kampas Rem Standar Dan Racing Serta Pengaruh Terhadap Pengereman Di Sepeda Motor Beat
Abstract
Sistem pengereman memiliki peran penting dalam menunjang keselamatan dan kenyamanan berkendara, khususnya pada sepeda motor. Penelitian ini merupakan studi komparatif antara kampas rem standar dan kampas rem racing serta pengaruhnya terhadap kinerja pengereman pada sepeda motor Honda Beat. Metode yang digunakan adalah eksperimen langsung dengan mengganti kedua jenis kampas rem secara bergantian dan melakukan serangkaian uji pengereman dalam kondisi yang seragam. Parameter yang diamati meliputi jarak pengereman, waktu respon, suhu pada cakram rem, dan ketahanan terhadap brake fade. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kampas rem racing memberikan performa yang lebih unggul dalam hal jarak pengereman yang lebih pendek dan kemampuan pelepasan panas yang lebih baik, sehingga lebih efektif digunakan dalam kondisi pengereman intensif. Sementara itu, kampas rem standar menunjukkan performa yang lebih baik untuk penggunaan harian pada kecepatan rendah, dengan karakteristik pengereman yang lebih halus dan nyaman. Dengan demikian, pemilihan kampas rem harus disesuaikan dengan kebutuhan dan gaya berkendara pengguna.
Keywords
References
Sutrisno, B. (2020). Teknik Sepeda Motor. Jakarta: Erlangga.
Haryanto, T. (2019). “Pengaruh Material Kampas Rem Terhadap Efektivitas Pengereman”. Jurnal Teknik Mesin, 8(2), 45-52.
Wibowo, A. (2021). Sistem Rem pada Sepeda Motor. Yogyakarta: Deepublish.
Kurniawan, R. (2022). “Perbandingan Kampas Rem Organik dan Semi-Metalik”. Jurnal Otomotif, 6(1), 22-30.
( Hardin Syah, 2022).
Suryana, Anang, et al. Automatic Gas Control System In The Motorcycle Braking Process With The Concept Of Non-Uniform Slowing Down Motion. FIDELITY: Jurnal Teknik Elektro, 2020, 2.3: 51-56.
http://jurnal.umsb.ac.id/index.php/RANGTEKNIKJOURNAL
Sutanto, A. (2020). Journal of Automotive Engineering, Universitas Negeri Yogyakarta
Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, Vol 6, Nomor 2, Mei 2024
Jurnal Teknik Mesin, 2019
Automotive Materials Journal, 2021
Astra Honda Trening Centre Ttl 2 – Astra Honda Motor
Technical Service Division, 2019 PT. Astra Honda Motor- Astra Honda Trening Centre - Trening Centre Dept.
Materi Lanjutan Modul 4-6, Teknik Sepeda Motor Honda, Technical Service Division, 2019 PT. Astra Honda Motor- Astra Honda Trening Centre - Trening Centre Dept.
Buku Pedoman Pemilik. Beat, Beat Street 00X3H-K1A-N000. AHM. PT. Astra Honda Motor
Tribakti, Muhammad Farhan. Studi Eksperimental Penngaruh Variasi Model Piringan Cakram Terhadap Laju Keausan Kampas Rem dan Efek Pengereman. Diss. Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2020
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/mbjtm.v9i4.14255
Article Metrics
Abstract - 36Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Ari Beni Santoso, Ruslan Dalimunthe, Hendi Hendi
Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin (ISSN: 2549-5038 e-ISSN: 2580-4979)
Copyright © 2017-2020 Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Tangerang. All rights reserved.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) License