UJI PERFORMA SEPEDA MOTOR SPORT SISTEM PROGRAMMED FUEL INJECTION (PGM-FI) SATU SILINDER 150 CC MENGGUNAKAN BAHAN BAKAR BENSIN RON 92
Abstract
Mesin mobil maupun motor memerlukan jenis bensin yang sesui dengan desain mesin itu sendiri agar dapat bekrja dengan baik dan menghasilkan kinerja yang optimal. Perlu diketahui bahwa setiap jenis mobil ataupun sepeda motor memiliki spesifikasi mesin yang berbeda-beda. Pada brosur yang baik akan menampilkan informasi rasio kompresi. Sepeda motor merupakan pengembangan dari sepeda komvensional yang lebih dahulu ditemukan. Pada tahun 1868 oleh michaux ex cie. Suatu perusahaan yang memproduksi sepeda pada jaman sekarng, mulai mengembangkan teknologi fuel injection sebagai sistem bahan bakar sepeda motor.Berdasarkan hasil pengujian motor dengan bahan bakar pertamax menunjukan konsumsi bahan bakar paling irit. Hasil pengukuran tingkat konsumsi bahan bakar pada shell super. Dan berdasarkan kecepatan putaran mesin 2500 rpm menunjukan hasil yang lebih irit konsumsi bahan bakarnya
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arismunandar Wiranto (1988), “Penggerak Mula Motor Bakar Torak. Bandung penerbit ITB
Astra Honda Motor. (1995).”Modul buku panduan
PGM-FI. (Programmed Fuel Injection)”
Jakarta PT. Astra Honda Motor
Bambang Setyonno, Desmas Arifianto, Efrita Arfah Zuliari, Satria Mahdum Purbo Waseso. “Desain Dan Analisis Performasi Sistem Penggerak Purwarupa Kendaraan Hibrid Bertenaga Udara Dan Listrik ”Bed 18” Menggunakan “Scotch Yoke Mechanism” Jurnal Iptek vol.23 No. 1 Mei 2019.
Fx. Sukidjo. Performa Mesin Pada Motor Empat Langkah Berbahan Bakar Premium Dan Pertamax. Forum Tenik vol.34 No.1 , januari 2011.
Farid Majedi, Indah Puspitasari. “Optimasi Daya Dan Torsi Pada Motor 4 Tak Dengan Modifikasi Crankshaft Dan Porting Pada Cylinder Head”. Jurnal Teknologi Terpadu vol.5 No. 1 April 2017.
Heywood Jhon B (1998), Internal Combustion Engine Fundamentals”, McGraw Hill Book Company, New York
I Nyoman Sutantra Bambang Sampurno (2010),
“Teknologi Otomotif”. Penerbit Guna Widya,
Surabaya
James D. Halderman, Jim Linder (2009).
“Automotive Fuel And Emissions Control
System” (second edition) : Prentice Hall Upper
Saddle, New Jersey Columbus, Ohio
Khovakh (1976). “Motor Vehicles Engine”.
Moscow. Mr.Publiser
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/mbjtm.v3i2.3340
Article Metrics
Abstract - 1116 PDF - 1219DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/mbjtm.v3i2.3340.g2083
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Amir Amir
Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin (ISSN: 2549-5038 e-ISSN: 2580-4979)
Copyright © 2017-2020 Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Tangerang. All rights reserved.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) License